Wabup Gianyar Made Mahayastra menyerahkan simbolis bantuan mobil kepada PMI Gianyar. (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra menyerahkan bantuan satu unit mobil kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gianyar. Penyerahan ini serangkaian Gathering Penggerak dan Pendonor Darah Sukarela PMI Kabupaten Gianyar yang memperingati Hari Donor Darah Sedunia, di Yayasan The Legong Peduli Anak Bangsa, Banjar Samu, Desa Singapadu Kaler, Sukawati, Sabtu, (15/7).

Kegiatan yang mengambil tema “What Can You Do” dengan subtema “Give Blood, Give Now, Give Often” tersebut juga sekaligus dibuka oleh Wakil Bupati Gianyar. Wabup Gianyar yang akrab disapa Agus Mahayastra ini mengatakan, eksistensi PMI di Kabupaten Gianyar sangat membantu dalam memberikan pelayanan sosial kemanusiaan. “Seperti menyediakan darah di rumah sakit, bantuan penanggulangan bencana, pengobatan masyarakat, serta pembinaan generasi muda melalui Palang Merah Remaja,” ujar pejabat yang dua kali menjabat ketua DPRD Gianyar ini.

Sebab itu, Pemkab Gianyar akan selalu berupaya mendukung program PMI baik dalam bentuk anggaran, fasilitas dan sarana prasarana agar pelayanan PMI bisa lebih maksimal. “Kami minta, semua instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan sumbangsihnya kepada PMI, terutama program penggalangan donor darah sukarela dalam upaya memenuhi persedian darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Mari beryadnya kepada sesama manusia,” himbau politisi asal Payangan ini.

Lebih lanjut pria yang juga ketua DPC PDIP Gianyar ini mengatakan, sesuai dengan tema HUT Donor Darah Sedunia ini “Give Blood, Give Now, Give Often” dapat mendorong semangat masyarakat untuk berperan aktif dalam membantu kebutuhan darah bagi para pasien yang membutuhkan darah. Kegiatan gathering donor darah sukarela ini dapat mempersatukan semangat pendonor darah sukarela untuk bisa lebih memotivasi untuk terus berbagi kepada sesama.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Gianyar, dr. Cokorda Gede Wisnu Parta mengatakan, dari data tahun 2016, jumlah pendonor darah di Kabupaten Gianyar sebanyak 4.306 orang. Dimana 67 persen diperoleh dari donasi donor darah sukarela dan 33 persen merupakan donor pengganti.

Baca juga:  Wabup Mahayastra Buka Porsenides II Singapadu Tengah

Kabupaten Gianyar, permintaan darah mencapai 8.819 kantong. Memenuhi kekurangan tersebut, PMI Kabupaten Gianyar masih memerlukan bantuan dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI kabupaten lain, seperti UTD PMI Provinsi Bali dan UTD PMI Kabupaten Badung. “Selain untuk memberikan apresiasi bagi pendonor darah sukarela dan komunitas donor darah sukarela, kegiatan gathering ini kami harapkan bisa meningkatkan jumlah pendonor di Kabupaten Gianyar sehingga pelayanan darah bisa lebih cepat, efektif dan efisien,” tegas Cokorda Gede Wisnu Parta.

Cokorda Gede Wisnu Parta menambahkan, PMI memberikan prioritas utama pada peningkatan pelayanan tranfusi darah sehingga mampu menyediakan darah yang aman, terjangkau, berkualitas dan berkelanjutan. Momentum peringatan Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2017 ini diharapkan mampu mendorong semangat masyarakat untuk bisa lebih berperan aktif di bidang kemanusiaan.

Pada kegiatan Gathering Penggerak dan Pendonor Darah Sukarela PMI Kabupaten Gianyar tersebut juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada para pendonor yang telah melakukan donor darah sebanyak 25 kali dan 30 kali. Penghargaan serupa juga diberikan kepada instansi pemerintah maupun swasta yang selama ini turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah di Kabupaten Gianyar.

Selain itu, ghatering juga dengan kegiatan sosial berupa penyerahan bantuan kepada Yayasan The Legong Peduli Anak Bangsa yang merupakan komunitas yang memberikan terapi secara gratis kepada anak – anak penderita Celebral Palsy (CP). Dimana anak asuhan Yayasan The Legong Peduli Anak Bangsa saat ini berjumlah 120 orang berasal dari seluruh wilayah yang ada di Bali. (adv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.