NEGARA, BALIPOST.com – Dua pembaca sloka asal Jembrana tampil gemilang di Utsawa Dharma Gita (UDG) XIII Tingkat Nasional di Palembang, Sumatera Selatan. Ni Putu Ayu Eka Putri dan Ni Putu Oci Tirtasari meraih juara satu dalam UDG.

Siswi SD Negeri 3 Dauhwaru, Jembrana ini berhasil mengungguli peserta lainnya dari 33 Provinsi se-Indonesia dalam kategori Pembaca dan Penerjemah Sloka untuk tingkat anak-anak. Prestasi tertinggi yang diraih Oci dan Eka ini tidak saja membanggakan orang tua dan sekolahnya tetapi juga mengharumkan nama Bali khususnya Jembrana di kancah nasional. 

Menurut pembinanya Ida Bagus Rimbawan, pembacaan Sloka memerlukan kemampuan khusus terutama pengucapan, lagu dan penjiwaan begitupula dengan penerjemahnya harus memahami sloka yang dilagukan, tidak hanya sekedar membaca atau menghafal.

Baca juga:  AHM Raih 2 Penghargaan pada The 3rd ASEAN Marketing Summit 2017

Untuk itu diperlukan latihan yang sungguh-sungguh. “Baik Eka maupun Oci ternyata memiliki bakat dan kemampuan yang baik dalam menerjemahkan dan membaca sloka “ kata Rimbawan, Rabu (12/7) di Negara.

Rimbawan berharap prestasi yang diraih anak-anak Jembrana ini mampu menginspirasi masyarakat Jembrana, khususnya anak-anak dalam melestarikan seni dan budaya Bali.

Di sisi lain, wajah sumringah tergambar dari wajah Oci dan Eka saat pengumuman kejuaraan. Ia tidak pernah menyangka mampu mengalahkan peserta lainnya. Pasalnya saat lomba berlangsung penampilan peserta lainnya sangat bagus-bagus. “Kami sangat gembira menjadi juara satu,” kata Eka yang kini duduk di kelas VI SD Negeri 3 Dauhwaru.

Selain mendapat piagam dan trophy, keduanya juga memperoleh hadiah uang tunai. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.