MANGUPURA, BALIPOST.com – PT. Tirta Investama (Aqua Mambal) menandatangani MoU bersama Kelompok Tani Mambal Lestari dalam pembelian beras sehat pada Sabtu (15/7) saat pembukaan Festival Budaya Pertanian ke-6 di Jembatan Tukad Bangkung, Desa Plaga, Kecamatan Petang, Badung. Dalam festival yang berlangsung dari tanggal 15-18 Juli itu, Aqua Mambal mengambil peran penting dalam Festival itu.

Pada keikutsertaan yang ke-6 ini, Aqua Mambal mengajak serta kelompok Tani Mambal Lestari sebagai binaan dalam program CSR, Pekaseh Subak Mambal, perkumpulan Janma dan 6 orang siswa SD 2 Belok Sidan di Banjar Jempanang.

Selain penandatanganan MoU, juga dilakukan penandatanganan berita acara komitmen bersama antara Aqua Mambal dan Subak Mambal untuk pelaksanaan program pendampingan pertanian sehat dan ramah lingkungan di Subak Mambal. Selain itu juga dilakukan penyerahan beasiswa dari Aqua kepada salah satu dari 6 anak penerima beasiswa insentif pohon 2017 dari Banjar Jempanang, Desa Belok Sidan.

Kepala Pabrik Aqua Mambal, Forcy Tjandra menjelaskaneg kegiatan ini adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar. “Kami tidak hanya ingin meraih sukses di bidang ekonomi namun juga berkomitmen pada kontribusi sosial masyarakat di lingkungan sekitar kami. Hal yang sama juga berlaku pada setiap pemangku kepentingan yang terlibat,” jelasnya.

Baca juga:  Lelang Jabatan, Istri Wabup Badung Lolos Tiga Besar

Aqua Mambal memiliki program Mambal Lestari dengan pendekatan pengelolaan dan perlindungan sumber daya air dan pemberdayaan masyarakat dari area hulu, tengah hingga hilir.

Penandatanganan MoU dan penandatanganan berita acara komitmen bersama antar Aqua Mambal dan Subak Mambal untuk pelaksanaan program pendampingan pertanian sehat dan ramah lingkungan di Subak Mambal dan penyerahanan beasiswa, lanjutnya, adalah bentuk kontribusi yang bisa diwujudkan di tahun 2017 ini.

Untuk saat ini, pihaknya baru mendorong 133 petani dari 416 anggota petani Subak Mambal yang tergabung daam Kelompok Tani Mambal Lestari. Dengan luas lahan 38,24 hektar dari 185 hektar luasan lahan di Subak Mambal untuk mengolah lahannya secara sehat dan ramah lingkungan. Dalam pendampingan program tahun ini, Aqua Mambal bersama Perkumpulan Janma lebih mengarah kepada pengembangan aspek jaringan pasar bagi produk sehat yang dihasilkan oleh petani melalui Koperasi Tani  Mambal Lestari yang telah terbentuk. “Harapan kami  dengan tersedianya jaringan pasar, petani lebih termotivasi untuk mengolah lahannya secara sehat dan ramah lingkungan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadistanhut IGAK Sudaratmaja menyampaikan terima kasih kepada Aqua Mambal yang telah melakukan pendampingan kepada masyarakat khususnya petani Subak Mambal dan anak-anak di Banjar Jempanang. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.