Garuda pindah ke terminal 3 ultimate
Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta. (BP/ant)
TANGERANG, BALIPOST.com – PT Angkasa Pura II akan menjadikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta sebagai basis maskapai dengan rute internasional. Perpindahan operasional dilakukan secara bertahap terhadap maskapai yang tergabung dalam aliansi global Skyteam.

Sejumlah maskapai itu diantaranya Saudi Arabian Airlines pada 10 Juli, lalu Vietnam Airlines pada 12 Juli. Kemudian ke depannya adalah Korea Airlines pada 17 juli dan Xiamen Airlines pada 30 Juli. Sebelumnya, Garuda Indonesia yang juga tergabung dalam Skyteam telah melayani penerbangan domestik dan internasional melalui Terminal 3.

Presdir PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, perpindahan maskapai dilakukan secara bertahap, di mana nantinya seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta akan dilayani melalui Terminal 3. “Kami yakin Terminal 3 dapat meningkatkan citra dari maskapai sehingga juga dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia,” kata Awaluddin.

Baca juga:  Runway Ketiga Bandara Soetta Habiskan Investasi Rp 2 Triliun

Awaluddin optimistis maskapai tertarik untuk membuka rute baru internasional dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Adanya Terminal 3, serta pengembangan lainnya seperti Skytrain serta akses kereta untuk dari dan menuju bandara, maka Bandara Soekarno-Hatta akan sejajar dengan bandara-bandara berkelas dunia dan dapat menjadi bandara hub guna lebih maksimal dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia.

Adapun PT Angkasa Pura II berkomitmen mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia yang diwujudkan diantaranya melalui kerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

Kerjasama AP II – Kemenpar antara lain pada layanan Tourist Information Center di Terminal 3 guna mempromosikan pariwisata Indonesia dan membantu wisatawan mancanegara dapat dengan mudah berkunjung ke lokasi-lokasi pariwisata di Indonesia.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Masih di Bawah 5.000 Orang

Selain itu, kerjasama yang ada juga memungkinkan AP II menggunakan logo Wonderful Indonesia di bandara-bandara yang dikelola perusahaan dan juga mempromosikan lokasi wisata di kota-kota di mana terdapat bandara AP II.

Dalam waktu dekat juga akan dibangun 2 hotel di Terminal 3 serta 1 hotel di kawasan Bandara Soekarno-Hatta guna memudahkan wisatawan menjangkau bandara. “AP II mendukung target kunjungan wisman yang ditetapkan pemerintah, di mana pada tahun ini diperkirakan sebanyak 4 juta wisatawan mancanegara akan melalui bandara-bandar yang dikelola AP II. Angka ini meningkat sekitar 600.000 wisman dibandingkan dengan pada tahun 2016,” jelas Awaluddin.

Adapun sepanjang Semester I/2017 pergerakan penumpang internasional di 13 bandara AP II tercatat sebanyak 8,97 juta orang atau meningkat sekitar 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu 7,78 juta orang.

Baca juga:  Jokowi Resmikan Pengoperasian KA Bandara Soetta

Pergerakan penumpang internasional terbanyak tercatat di Bandara Soekarno-Hatta yakni sebanyak 7,18 juta orang pada Semester I/2017 atau naik dibandingkan Semester I/2016 sebanyak 6,31 juta orang.

Sejalan dengan hal tersebut, lalu lintas pergerakan pesawat internasional di Bandara Soekarno-Hatta juga meningkat sekitar 5% atau dari 42.899 pergerakan pada Semester I/2016 menjadi 44.908 pergerakan pada Semester I/2017.

Ke depannya, lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta termasuk rute internasional akan semakin meningkat yang berujung pada pertumbuhan jumlah penumpang luar negeri seiring dengan dibangunnya runway ketiga. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *