Anak-anak SD di Gianyar mengikuti lomba Hari Anak Nasional. (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – “Yang terhormat Bapak Bupati Gianyar, saya Gung Naya dari SDN 1 Melinggih Payangan. Saya ingin curhat, ruangan kelas di sekolah kami ada yang bocor, selain itu kami juga ingin lapangan di sekolah bisa diperluas biar kami bisa bebas bermain saat istirahat.” Demikian sepenggal isi surat dari A.A Istri Naya Saraswati, saat mengikuti Lomba menulis surat untuk Bupati Gianyar, serangkaian peringatan Hari Anak Nasional ke-33 di Kabupaten Gianyar, di Balai Budaya Gianyar, Jumat (7/7).

Selain A.A Istri Naya Saraswati masih banyak lagi harapan dan keinginan yang dituangkan anak-anak SD kepada Bupati Gianyar. Di antara mereka ada menginginkan tempat dan sarana bermain, fasilitas lengkap di sekolah dan banyak lagi permintaan yang khas dunia anak-anak.

Menurut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP5KB) Kabupaten Gianyar, Ni Luh Eka Suary, lomba yang digawangi oleh Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar ini bertujuan agar anak-anak mampu dan berani mengungkapkan ide-idenya, mau berpartisipasi serta dapat menyalurkan inspirasinya.

Apalagi Kabupaten Gianyar dengan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tentu sangat membutuhkan ide dan masukan dari anak-anak itu sendiri. Apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan agar mereka merasa nyaman dan terlindungi.

Baca juga:  Gianyar Luncurkan Angkutan Gratis untuk Siswa

Sementara itu Kabid PPA DP5KB, A.A Laksmi Paramitha di damping Ketua FAD Kabupaten Gianyar Diki Zumara mengatakan, dalam Hari Anak Nasional kali ini mereka ingin menampilkan karya terhebat anak-anak Gianyar. Hal ini terlihat dalam pemilihan lomba yaitu lomba menulis surat untuk Bupati Gianyar dengan tema “Yang Kuinginkan Untuk Gianyar” yang diikuti oleh anak-anak kelas 4-5 SD.

Lomba menulis puisi dengan tema “ Anak Bukan Asbak Rokok” yang diikuti oleh anak kelas VII-IX SMP dan anak SMA lomba vlog (video blog) dengan tema “Yang Kuinginkan untuk Gianyar.” Selain itu juga akan diadakan talkshow cara penulisan buku dengan menghadirkan nara sumber Tasyarani.

Ketua FAD Kabupaten Gianyar Diki Zumara juga menambahkan lewat lomba ini ia ingin anak-anak Gianyar mau berpartisipasi dalam segala situasi dan kondisi yang terjadi di Kabupaten Gianyar. mereka mampu menyuarakan apa yang menjadi harapan dan keinginan mereka, selain itu lewat lomba ini juga merangsang minat dan bakat anak-anak di bidang literasi. (adv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.