Pengendara melintas di jalanan yang banjir di Gianyar saat hujan turun. (BP/wan)
GIANYAR, BALIPOST.com – DPRD Gianyar menyoroti banyaknya perusahaan telekomunikasi yang memasang kabel di gorong-gorong. Kondisi ini disinyalir menyebabkan banyak sampah yang tersangkut saat musim hujan sehingga menimbulkan banjir.

Anggota DPRD Gianyar, Ketut Karda, Kamis (6/7), mengatakan fenomena pemasangan kabel marak ditemukan pada gorong-gorong di ruas jalur utama, khususnya Provinsi dan Nasional. “Seharusnya pemasangan kabel telekomunikasi ini ditanam, atau disambungkan dengan tiang, kalau dipasang pada trotoar ini sudah tidak tepat,” ucapnya.

Ia pun meminta pemerintah melakukan penertiban. Selain itu pihak pemasang juga diimbau untuk memperhatikan dampak lingkungan akibat pemasangan kabel sembarangan. “Selain itu masyarakat juga saya ajak untuk lebih sadar akan kebersihan, jangan sampai ada sampah yang dibuang sembarangan hingga menyumbat trotoar,” ujarnya.

Baca juga:  Diguyur Hujan, 21 Titik Kebanjiran

Kepala BPBD Kabupaten Gianyar A.A. Oka Digjaya mengakui selama ini banyak fenomena banjir di Kabupaten Gianyar, yang terjadi akibat sumbatan sampah pada gorong-gorong. Akibatnya setiap bencana banjir, petugas BPBD pun wajib turun membersihkan sampah yang menyangkut pada kabel telekomunikasi. “Ya banyak kami tangani yang seperti ini setiap hujan, dan petugas BPBD harus turun berendam membersihkan sampah itu,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PU Kabupaten Gianyar Nyoman Nuadi menyatakan pemasangan kabel telekomunikasi, memang dominan pada ruas jalur Provinsi dan Nasional. “Jadi kewenangannya di sana (provinsi dan nasioal, red) dan baiknya memang pemasangan kabel ini ditanam,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.