TMMD di Klungkung dipusatkan membuka akses Desa Besan ke Pura Puncak Sari. (BP/nan)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Desa Besan, Dawan mulai digelar Selasa (4/6). Pembukaan TMMD ini dibuka langsung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Dandim 1610 Klungkung Letkol Inf Jacob Patty mengungkapkan, dalam kegiatan TMMM kali ini untuk kegiatan fisik akan membuka akses jalan sepanjang 1. 415 meter dari Desa Besan menuju Pura Puncak Sari. Kata dia, untuk pengerjaan fisik tersebut mulai dilaksanakan hari ini (selasa red) setelah upacara pembukaan. “Pengerjan pembukaan akses jalan itu akan dikerjakan selama sebulan penuh terhitung terhitung mulai hari ini. Sehingga saat penutupan pada 2 Agustus mendatang. Jadi semuanya yang menjadi sasaran sudah rampung dikerjakan sebelum penutupan,” ungkap Jacob Patty usai pembukaan TMMD di Lapangan Umum Dawan, Selasa (4/7).

Jacob menyatakan, untuk pengerjaan akses jalan yang dibuka tersebut, pihaknya bakal menerjunkan sebanyak 150 personil TNI. Selain melibatkan TNI, pembukaan jalan juga akan melibatkan warga setempat. Dengan dukungan langsung dari masyarakat, diharapkan pengerjaan bisa lebih cepat diselesaikan. “Selain itu dari instansi terkait dan pemerintahan juga ikut membantu. Nantinya setiap harinya kita akan melibatkan sekitar 350 orang terbagi dari TNI sebanyak 150 dan masyaralat 200 orang,” katanya.

Baca juga:  Data Sementara, Suwasta Raih 76,05 Persen Suara

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya berharap dengan adanya TMMD ini, TNI dan Masyaralat bisa menjalin kersama dengan baik selama kegiatan berlangsung. Sehingga kemanunggalan antara TNI dan Masyarakat bisa tetap dijaga dengan baik. Sebab, tanpa adanya dukungan dari masyarakat, maka TNI bukan apa-apa. “Intinya mari kita bersama-sama untuk menyukseskan kegiatan ini. Sehingga bisa selesai tepat waktus sesui yang kita targetkan,” harap Jacob Patty.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pihaknya sangat mendukung program TMMD ini. Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini, yang dilakukan oleh pemerintah di desa memang memerlukan tenaga yang sangat banyak. Inilah yang menjadi kendala. Sehingga keterlibatan TNI sangat membantu sekali, sehingga ongkos tenaga bisa ditekan. Dan untuk mendukung kegiatan ini, pemkab Klungkung melalui dana APBD menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar.

“Di sini akan diajarkan bagaimana sikap bergotong royong. Jadi harapan kita dengan adanya TMMD ini, akses jalan yang ada di Desa Besah bisa dibuka. Sehingga, warga setempat memiliki jalan besar untuk dilalui dalam melakukan segala kegiatan yang dilakukan,” kata Suwirta. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.