Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya membuka secara resmi pelaksanaan TMMD di Tabanan. (BP/san)
TABANAN, BALIPOST.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1619/ Kabupaten Tabanan Resmi dibuka oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Selasa (4/7) di Lapangan Umum Desa Padangan, Pupuan, Tabanan. Upacara pembukaan tersebut ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan program TMMD.

Wabup Sanjaya mengatakan TMMD dilaksanakan untuk memberdayakan masyarakat sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan. Ia melanjutkan lewat TMMD ini diharapkan mampu memotivasi dan memperkuat upaya pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, ber-etos kerja dan memiliki gotong royong sehingga akan mempercepat jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional. “Keterlibatan TNI dalam pembangunan di Desa pada hakikatnya juga merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa,” ujarnya.

Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan melaporkan kegiatan TMMD ke-99 TA 2017 Kabupaten Tabanan berlangsung mulai 4 Juli hingga 2 Agustus 2017 dengan kegiatan utama antara lain pelebaran dan pengerasan badan jalan sepanjang 1,175 M, betonisasi, pembuatan senderan serta pemasangan gorong-gorong di Dusun Jelijih Kelod, Desa Jelijih Punggang Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Selain kegiatan di atas ada pula sasaran tambahan yang dilakukan antara lain pembuatan senderan, bedah rumah, pembuatan jamban dan Tempat Pembuangan Sampah. “Pembuatan senderan dengan panjang dan tinggi masing-masing 24 dan 4 Meter, 1 unit bedah rumah, pembuatan jamban 15 Unit, dan pembuatan tempat pembuangan sampah sebanyak 3 Unit,” jelasnya.

Baca juga:  Kibarkan Merah Putih Terpanjang Komitmen Jaga NKRI

Dalam upacara tersebut juga dilakukan penandatanganan dan penyerahan program TMMD, penyematan pin dan penyerahan alat kerja dari Wabup Sanjaya kepada satgas TMMD. Acara juga dimeriahkan dengan penanaman pohon kelapa, pameran produk kerajinan, donor darah hingga layanan kesehatan. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.