PPDB
Suasana PPDB. (BP/dok)
NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah SMP Negeri di Kabupaten Jembrana yang masih kekurangan murid membuka kembali pendaftaran. Dengan syarat, sekolah diminta memprioritaskan siswa di wilayahnya yang terdekat.

Dari informasi yang dihimpun Senin (3/7), pascapengumuman sejumlah SMP Negeri yang kekurangan siswa seperti SMPN 6 Negara (Awen Lelateng) dan SMPN 3 Negara (Pendem) masih membuka pendaftaran.

Hal tersebut dilakukan setelah ada restu dari Dinas terkait. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Jembrana, I Putu Eka Suarnama dikonfirmasi membenarkan adanya pendaftaran di sejumlah SMP Negeri yang kekurangan murid untuk memenuhi kuota.

Tetapi, Dinas menginstruksikan yang diutamakan adalah siswa yang tempat tinggalnya masih dekat dengan sekolah. “Setelah pengumuman kemarin, langsung dibuka lagi khusus SMP Negeri yang kekurangan pendaftar,” terang pejabat asal Melaya ini.

Baca juga:  Banyak Siswa Miskin Tak Diterima di Negeri, Diusulkan Penambahan 4 Siswa Per Rombel

Teknis penerimaan pendaftaran susulan ini, pihaknya menyerahkan ke sekolah.  Dinas hanya menekankan untuk mengutamakan siswa yang berada di zonasi sekolah. Untuk siswa dari zonasi lain, dibolehkan apabila masih tersedia dengan seleksi nilai ujian nasional (NUN).

Masih ada waktu hingga pendaftaran ulang hingga sebelum 10 Juli nanti. Sejatinya Dinas sudah memetakan jumlah siswa SD dengan jumlah kuota SMP Negeri dan Swasta sudah sesuai tiap zonasi. Dinas juga tetap menekankan tiap rombongan belajar (rombel) 32 siswa. “Dengan rombel 32 itu, semua SMP Negeri dan swasta sebenarnya mencukupi untuk menampung,” tambah Eka. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.