Peserta PPL Undiksha ke Thailand diberangkatkan pada Sabtu (1/7). (BP/ist)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia oleh Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja tak hanya melalui sejumlah program berskala nasional. Perguruan tinggi di Bali Utara ini juga terus melakukan peningkatan kualitas SDM lewat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di negara ASEAN.

Program ini diikuti belasan mahasiswa dari sejumpah program studi. Keberangkatannya telah berlangsung, Sabtu (1/7).

Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menjelaskan meskipun telah diberikan hak perluasan mandat dengan membuka prodi nonkependidikan, perguruan tinggi yang dipimpinnya tetap berusaha mencetak guru dan calon guru profesional. Itu telah dilaksanakan melalui PLPG, PPG SM3T, dan PPG Reguler. “Untuk mencetak guru profesional, kami telah mengikuti banyak program skala nasional,” jelasnya.

Seiring berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), universitas negeri yang memiliki tujuh fakultas ini kembali melakukan terobosan dalam mencetak calon guru yang siap bersaing. Salah satu upayanya adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa kependidikannya melaksanakan PPL di negara-negara ASEAN.

Tahun ini, 12 orang mahasiswa dikirim ke Thailand bekerjasama dengan Prince of Sonkla University (PSU). mereka berasal dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, IPA, TI, Teknologi Pendidikan, dan Matematika. “Semakin memantapkan tenaga pendidik, maupun calonnya, program kerjasama dengan perguruan tinggi dengan negara lain juga dijalin,” katanya.

Baca juga:  PPDM Undiksha Dampingi Petani Bawang Merah di Desa Trunyan

Mahasiswa, sambung rektor kelahiran Badung ini, akan melaksanakan latihan praktek mengajar di sekolah-sekolah, baik dari tingkat dasar sampai menengah. Program ini berjalan 5 minggu dan minimal masing-masing tampil mengajar sebanyak 20 kali.

Di samping belajar mengajar di kelas, juga diharapkan memahami sistem pengelolaan pendidikan, budaya sekolah, serta kurikulum yang digunakan. “Mereka juga didorong bisa memahami metode pendidikan yang diterapkan di sana,” tegasnya.

Sebelum diberangkatkan, mahasiswa ini diberikan pembekalan oleh para dosen Undiksha dan dosen PSU melalui video confrence. Kegiatan PPL itu diakui setara dengan 3 SKS.

Kembali dari Thailand, mereka diberikan tugas menyampaikan pengalamannya kepada mahasiswa lain. “Ke depan Undiksha akan mengirim lebih banyak lagi mahasiswa untuk PPL ke semua negara ASEAN,” imbuhnya. Keberangkatan mahasiswa ini diantar langsung oleh Jampel didampingi Kepala pusat Urusan Kerjasama Dr. Ni Made Ratminigsih. (Sosiawan/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.