Sejumlah penumpang terlihat di Terminal Mengwi. (BP/dok)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, mulai menerima sejumlah penumpang arus balik Lebaran, Jumat (30/6). Lonjakan penumpang di Terminal Tipe A pada H+3 ini mencapai 2.390 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran di terminal tersebut, lonjakan pemudik mencapai 53,5 persen, dibandingkan H+3 perayaan Idul Fitri tahun 2016 lalu, yakni sebanyak 1.279 orang penumpang. “Kedatangan ribuan pemudik didominasi dari daerah Jawa Timur, seperti Surabaya dan Jember. Memang cukup ramai dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 2.390 orang,” ujar petugas Posko di terminal tersebut.

Dikatakan, jumlah kedatangan pemudik di Terminal Mengwi sebanyak 1.483 orang penumpang pada H+2 Lebaran 2017,  dengan jumlah bus AKAP yang tiba di terminal itu mencapai 56 unit. Sedangkan, H+1 Lebaran 2017, tercatat jumlah pemudik yang tiba di Terminal Mengwi mencapai 1.214 orang penumpang dengan jumlah 43 armada bus AKAP tiba di terminal setempat.

“Dari ribuan penumpang tercatat 73 unit bus AKAP yang tiba di terminal setempat pada H+3 Lebaran 2017. Sedangkan, untuk keberangkatan masih seperti hari-hari biasa sekitar 80 penumpang,” ujarnya.

Baca juga:  Penurunan Jumlah Penumpang Bandara Ngurah Rai Bukan Disebabkan Teror Bom

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung AAN Rai Yuda Dharma memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+5. Ini didasarkan pada pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya. “Kami perkirakan lonjakannya pada Sabtu tanggal 1 Juli (H+5),” ungkapnya.

Seperti diketahui, kondisi terminal tipe A pada saat menjelang Lebaran nyaris sama seperti hari-hari biasa. Padahal, hari Hari Raya Idul Fitri yang  jatuh pada tanggal 25-26 Juni 2017 sudah di depan mata.

Salah satu supir bus AKAP juga mengaku, kondisi sebagai satu-satunya terminal tipe A di Bali masih sepi, kendati detik-detik perayaan. Para pemudik lebih banyak memanfaatkan Terminal Ubung atau lewat transfortasi udara ketimbang Terminal Mengwi. Begitu pun pada saat nanti arus balik.

Kendati demikian, pemerintah setempat tetap membangun Posko Lebaran di Terminal Mengwi. Hanya saja penumpang yang sepi membuat petugas jaga gabungan dari sejumlah intansi terdiri personel kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), tampak lebih santai.

Menurut data keberangkatan dan kedatangan bus dan penumpang di Terminal Mengwi yang berhasil diperoleh, jumlah bus yang datang dan berangkat berjumlah 432 bus, dengan jumlah penumpang sebanyak 4.878 orang. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.