Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Saat Lebaran, aneka makanan yang disantap kemungkinan berpengaruh terhadap kesehatan usus. Bila usus tidak sehat akan memengaruhi suasana hati, kualitas tidur, serta metabolisme tubuh.

Untuk itu, perlu diantisipasi 7 tanda ini untuk mengetahui kesehatan usus Anda. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda yang harus diwaspadai :

1. Heartburn

Gaya hidup dan diet dapat meningkatkan jumlah asam di perut yang menyebabkan asam lambung naik yang memicu heartburn.

2. Bersendawa berlebihan

Bila sering bersendawa berlebihan setelah makan, mungkin mengalami intoleransi karbohidrat kompleks. Hal ini terjadi karena kurangnya enzim untuk mencerna karbohidrat.

3. Irritable bowel syndrome (IBS)

IBS adalah salah satu jenis gangguan sistem pencernaan. Biasanya ditandai dengan perut kembung, merasa buang air besar tidak tuntas, atau konstipasi dan diare bergantian. Jika ini terjadi, hal tersebut merupakan tanda masalah di saluran pencernaan.

Baca juga:  Sembelit? Berikut 5 Langkah Mengatasinya

4. Sulit menurunkan berat badan

Sudah mencoba segala cara, mulai dari diet, puasa, olahraga, tetapi berat badan tak turun? Ini bisa jadi tanda tubuh tak mampu buang sel lemak yang ada di tubuh akibat banyak racun di usus.

5. Bau mulut

Bau mulut atau halitosis walau sudah rutin menggosok gigi menunjukkan ada makanan yang tidak tercerna di usus. Ini juga merupakan tanda ada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk di usus.

6. Masalah kulit

Kulit kering dan jerawat, semuanya merupakan tanda ada banyak sampah atau racun di usus.

7. Sistem kekebalan tubuh buruk

Sering sakit? Jika iya, bisa jadi ada masalah pada usus. Bagian tubuh yang satu ini bertanggung jawab sebesar 80 persen terhadap kekebalan tubuh seseorang. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.