Padangbai
Polisi perketat pengawasan di pelabuhan Padangbai. (BP/dok)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Anggota Satuan Narkoba Polres Karangasem mengamankan salah seorang penumpang KMP Andika Nusantara yang baru sandar di Pelabuhan Padangbai, Manggis. Penumpang itu yakni Amir Sarifuddin (23) diringkus atas aksi penyalahgunaan narkoba.

Penangkapan terhadap pemuda asal Dusun Sampar Ujung, Sumbawa Barat, NTB itu terjadi usai bongkaran KMP Andika Nusantara, Rabu (28/6) sekitar pukul 23.00 Wita. Pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba itu bermula dari kecurigaan polisi melihat gerak-gerik pelaku. Ketika semua penumpang kapal bergegas meninggalkan pelabuhan dengan berbagai jenis angkutan, pelaku yang merupakan penumpang pejalan kaki terkesan ingin menghindar dari pemeriksaan identitas di pintu keluar pelabuhan.

Ketika mengetahui giat polisi di depan Posko Terpadu Lebaran, pelaku yang sudah berjalan sampai ke areal parkir mendadak menghentikan langkahnya. Celingak-celinguk sebentar, pelaku kemudian melangkah ke arah lain pura-pura ingin istirahat.

Melihat gerak-gerik yang tak wajar tersebut, anggota Satuan Narkoba langsung mendekat. Pelaku dibekuk dan langsung diarahkan melakukan pengecekan urine awal menggunakan urine kit. Benar saja, air kencing pemuda yang mengaku tak punya pekerjaan tetap itu positif mengandung ampethamin alias sabu-sabu.

Baca juga:  Bawa 5 Paket SS, Sopir Truk Diamankan

Pelaku hanya bisa pasrah. Kepada polisi, dia mengaku nyabu sehari sebelumnya. Barang terlarang itu dikonsumsi bersama dua orang temannya, di kampungnya di Sumbawa Barat. Sabu diperoleh dengan cara membeli, pelaku mengaku hanya ikut-ikutan. ‘’Teman saya yang beli, saya diberi gratis,’’ kilahnya kepada polisi.

Sebelum tes urine, polisi telah melakukan penggeledahan badan, pakaian dan barang bawaan pelaku, tapi hasilnya nihil. Polisi tak menemukan sisa-sisa sabu ataupun alat-alat yang berkaitan dengan barang psikotropika tersebut, meski begitu mereka tetap mengambil tindakan tegas mengamankan pelaku ke Mapolres Karangasem.

Kapolres AKBP Wayan Gede Ardana, Kamis (29/6) membenarkan penangkapan tersebut. Menurut dia, personil Satuan Reskoba langsung menaruh kecurigaan terhadap pelaku karena gerak-geriknya mencurigakan serta dari raut mukanya seperti orang yang sedang fly. ‘’Kita telah melakukan pemeriksaan awal, untuk langkah selanjutnya kita berkoordinasi dengan BNN Provinsi Bali,’’ ujarnya. (kmb/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.