piodalan
Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Rangkaian karya piodalan/pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Sundoro, Lumajang, Jawa Timur sudah mulai dilaksanakan. Rangkaian karya diawali pada hari Jumat (9/6) lalu berupa ngaturang piuning. Sedangkan puncak karya akan dilaksanakan Sabtu (8/7) mendatang. Rencananya prosesi pemujaan pujawali ini akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB dipuput tiga sulinggih.

Demikian dijelaskan Ketua Panitia Karya  Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi Penyarikan /Sekretaris  I Wayan Sadi, Kamis (29/6). Dijelaskan, pada puncak piodalan ini sulinggih yang mapuja adalah Ida Pedanda Gede Ngenjung (Selat Duda, Karangasem), Ida Pedanda Mas Dwija Putra Baturiti dan Ida Pedanda Gunung Sari (Peliatan, Ubud).

Sementara itu, sebelum memasuki puncak piodalan, rangkaian karya berupa Caru Rsi Gana, melaspas lan mapedagingan digelar Rabu (5/7) mendatang.

Selain itu, pujawali di Pura Watu Klosot dilakukan Kamis (6/7). Bersamaan dengan juga akan dilakukan prosesi nunas pakuluh ring Pura Watu Klosot. “Selain prosesi piodalan di Pura Watu Klosot, pada hari yang sama juga akan dilaksanakan prosesi melasti/ngubeng taman,’’ jelasnya.

Baca juga:  Pusat Diminta Lebih Serius Perhatikan Nusa Penida

Tjok Ace juga memaparkan prosesi mapepada akan dilaksanakan Jumat (7/7) serta dilanjutkan dengan memben banten. ‘’Seluruh rangkaian karya sudah kami siapkan hingga prosesi penyineban,’’ jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan dudonan karya yang diterima Redaksi Bali Post, prosesi Ida Betara katuran bakti pengayar akan berlangsung selama 10 hari. Ida betara katuran penyineban Rabu (19/7) mendatang. ‘’Kami berharap umat yang akan menghaturkan bhakti agar menyesuaikan dengan rangkaian karya,’’ ujarnya.

Panitia, juga sudah mengatur jadwal kabupaten/kota dan propinsi dalam menghaturkan bhakti pengayar selama karya berlangsung. (dira arsana/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.