Ilustrasi. (BP/ist)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Untuk kesekian kalinya, nelayan di Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng menemukan Penyu Hijau mengubur telur di daratan pasir hitam. Temuan terakhir pada Selasa (27/6) sekitar pukul 20.00 wita.

Seekor penyu ditemukan nelayan sedang menggali pasir hanya beberapa meter saja dari kawasan Pura Segara Penimbangan. Setelah membuat lubang, Penyu Hijau tersebut mulai bertelur.

Penggiat pelestarian telur penyu Pantai Penimbangan Dedy Yastika didampingi anggota Kelompok Nelayan (KN) Sari Segara Kadek Agus mengatakan, pada saat Penyu Hijau ditemukan di daratan, nelayan memastikan kalau penyu tersebut akan membuat sarang untuk mengubur telur. Nelayan sengaja membiarkan hingga penyu berhasil menggali pasir untuk sarang telur-telurnya.

Baca juga:  Puluhan Penyu Dilepasliarkan di Pantai Perancak

“Untuk sementara telurnya itu masih kita biarkan dalam sarang aslinya, tapi untuk menghindari terandam alir laut, telur itu akan kami pindahkan ke sarang buatan sekaligus kita akan hitung berapa banyak telur yang dikubur,” katanya.

Menurut Dedy, mulai Juni 2017 Penyu Hijau memasuki musim bertelur. Pada musim bertelur itu, pihaknya sudah berhasil menyelamatkan ratusan telur untuk ditangkarkan dengan sarang buatan. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.