GIANYAR, BALIPOST.com – Mantan Presiden AS Barack Obama bersama keluarga mengunjungi dua objek wisata yakni Tirta Empul dan Gunung Kawi, yang ada di Desa Manukaya, Tampaksiring, Selasa (27/6). Di hari keempatnya ini, Presiden ke-44 AS itu tidak bisa bergerak bebas karena dua objek itu dipadati ratusan wisatawan dan masyarakat lokal.

Berangkat dari hotel Four Season Ubud dengan pengawalan ketat aparat gabungan, Obama yang mengenakan kaos putih, celana jeans biru dan kaca mata hitam tiba di Tirta Empul, pada Selasa sore sekitar pukul 16.20 wita. Saat keluar dari mobil, Obama beserta keluarga langsung mendapat teriakan histeris dari ratusan wisatawan dan masyarakat setempat yang sudah menunggu sejak siang.

Ratusan wisatawan ini pun berupaya mendekati Obama, namun langsung dihalau tim pengawal. Kedatangan ini pun diikuti hingga ke areal pura, tak pelak Presiden kulit hitam pertama AS ini tidak bisa memasuki areal pemandian dan pura, lantaran padatnya wisatawan. “Wisatawan tadi padat sekali, mereka semua histeris ingin mendekati Obama,” ucap Kapolsek Tampaksiring AKP Made Tama.

Saking padatnya wisatawan, akhirnya Obama hanya menunggu di ruang CCTV, jaba Pura Tirta Empul. Hanya istrinya, Michelle Obama, yang melanjutkan kunjungan masuk ke areal pemandian dan pura, dengan dikawal ketat aparat gabungan. “Itu pun sebentar saja ibu Michelle masuk ke dalam, tidak sampai turun ke pemandian, setelah itu langsung balik sekitar pukul 16.50,” jabarnya.

Baca juga:  Libur Paskah, Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Alami Lonjakan

Masih di Desa Manukaya, rombongan Obama selanjutnya mengarah ke Gunung Kawi, sekitar pukul 17.00 wita. “Di Gunung Kawi, Obama cukup lama. Dia berjalan sampai ke candi di bawah kemudian melihat lihat bangunan dan alam sekitar objek itu,” katanya.

Made Yuliarta, Koordinator Disparda Gianyar di Objek Wisata Pura Gunung Kawi mengatakan pihaknya sudah sejak beberapa hari lalu mendapat informasi kunjungan Obama. Namun ia baru mendapat kepastian Selasa sore setelah Obama di Tirta Empul. “Tidak ada penyambutan resmi, hanya tadi banyak masyarakat dan wisatawan yang sengaja menunggu kedatangan Obama,” katanya.

Dikatakan selama berkunjung ke Pura Gunung Kawi, petugas kemanan tidak mengijinkan pihaknya mendekati Obama, sejumlah wisatawan yang berupaya untuk berfoto dengan tokoh dua anak itu pun langsung dicegat oleh petugas. “ Jangankan berfoto mendekat saja kami dilarang, Barack Obama sudah mengajak guide sendiri, “ katanya.

Selama di kawasan itu, Obama fokus memperhatikan bentuk peninggalan candi pada tebing di objek itu. Obama juga menaruh perhatian pada hamparan sawah dan aliran sungai. “Banyak candi pada tebing yang difoto langsung oleh Obama, sepertinya dia sangat tertarik dengan peninggalan di sini,” ungkapnya.

Meski tidak berkesempatan menyapa Obama, namun Made Yuliarta berharap dari kunjungan ini bisa meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berlibur ke Objek Wisata Pura Gunung Kawi. “Harapan kita kan ini secara tidak langsung menjadi ajang promosi,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.