wisatawan
Sejumlah petugas bersenjata api mengawasi pemeriksaan di pintu masuk Bali, Pelabuhan Gilimanuk. Pada akhir pekan ini, jumlah kunjungan wislok dari Jawa Timur cukup banyak. (BP/olo)
NEGARA, BALIPOST.com – Sejak akhir pekan lalu, arus kendaraan yang masuk Bali bertambah khususnya mobil pribadi. Sebagian besar merupakan wisatawan domestik dari berbagai kota di Pulau Jawa yang memilih menikmati liburan di Bali saat libur Idul Fitri.

Seperti yang terlihat pada  Minggu (25/6) sore lalu. Kendaraan roda empat (R4) dengan nomor kendaraan beberapa kota di Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang ramai memadati pos pemeriksaan. Beberapa pengemudi yang sedang menjalani pemeriksaan KTP mengaku mereka datang untuk berlibur selama liburan panjang ini. Ferdinan Andi, wislok asal Surabaya mengatakan hampir setiap tahun saat libur Lebaran, ia bersama keluarga berlibur ke Bali. “Libur panjang, sengaja kesini (Bali). Kalau di kota (asal) ramai. Banyak yang mudik, ” ujar penjual alat listrik ini.

Selama liburan ini, toko juga banyak yang tutup termasuk yang dikelolanya. Ia mengaku datang bersama rombongan teman-temannya yang sudah sejak awal berencana berlibur di Bali.

Baca juga:  Minim, Guide Pahami Sejarah Cagar Budaya

Sementara itu, pascamudik, pengamanan di pintu masuk Bali juga diperketat. Ratusan personil Kepolisian disebar menjelang arus Bali. Penebalan pasukan dilakukan untuk antisipasi arus balik Lebaran. Puluhan anggota polisi bersenjata lengkap berjaga melakukan pengawasan saat pemeriksaan kendaraan di Pos II (pintu masuk Bali).

Selain anggota bersenjata, juga dikerahkan anjing pelacak (K-9) untuk memeriksa barang bawaan. Namun dari pengamatan, baru beberapa pemudik yang kembali ke Bali. Pemeriksaan dilakukan terhadap surat kendaraan, identitas dan barang bawaan.

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Anak Agung Gede Arka mengatakan penebalan pasukan ini dilakukan untuk pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk saat arus balik ini. Petugas yang diterjunkan ini merupakan anggota yang sebelumnya melakukan pengamanan arus mudik.

Sementara itu dari data di ASDP Gilimanuk, jumlah kendaraan yang masuk Bali sejak Sabtu hingga Minggu, jumlah roda empat (R4) pribadi yang masuk ke Bali 7994 unit. (surya dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.