SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pantai Kusamba, Dawan, Klungkung ternyata menjadi tempat bagi penyu untuk bertelur. Hal ini terbukti dari kehadiran ratusan tukik di pesisir pantai Kusamba, Kamis (22/6) malam.

Kehadiran ratusan tukik ini sempat membuat warga Banjar Batur, Desa Kusamba kaget karena tidak kunjung ke laut. Warga mengkhawatirkan tukik itu bisa mati kalau lama tidak dipindahkan atau diamankan di tempat yang aman.

Untuk menyelamatkan tukik tersebut, warga sempat mengambil tukik tersebut dan dibawa ke bibir pantai. Hanya saja tukik itu tak kunjung bergerak ke laut.

Atas laporan warga, petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Klungkung langsung turun ke pesisir Pantai Kusamba untuk melakukan penanganan. Setelah tiba di lokasi, untuk alternatif sementara tukik itu dibuatkan wadah khusus sebelum dikembalikan ke habitatnya. “Ratusan tukik itu ditampung di rumah warga sekitar (I Nengah Rusta, red) dengan sarana seadanya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada.

Baca juga:  Sering Dijadikan Tempat Bertelur, Penyu Hijau Jadi Ikon Baru Pantai Candidasa

Menurut Widiada, untuk langkah selanjutnya pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan. “Kita sudah kordinasi dengan petugas yang menangani agar bisa diselamatkan,” katanya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.