DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari dan Polda Bali telah mempersiapkan pengamanan terutama saat mudik serta arus balik. Agar pengamanan berjalan maksimal, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose bersama beberapa pejabat utama akan berkontor di Pelabuhan Gilimanuk.

“Mulai tanggal 22 Juni saya berkantor di Gilimanuk bersama Direktur Lantas, Dansat Brimob, Direktur Sabhara dan Kabid Humas,” kata Kapolda.

Agar pengamanan berjalan optimal, lanjut Golose, pihaknya sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Selain itu pihaknya fokus terhadap pengemudi kendaraan umum, akan dites narkoba dan zat berbahaya lainnya secara acak. “Masalah kapal sudah terpecahkan karena dibantu oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sehingga tidak ada antrean panjang. Sudah disiapkan,” tegasnya.

Kapal patroli juga sudah disiapkan. Kapolda mengatakan tidak ingin mengganggu arus lalu lintas dan cenderung patroli lewat jaur laut. Ia juga memerintahkan Direktur Lantas Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana dan para Kapolres di samping melakukan upaya refresif, tapi lebih mengutamakan preemtif dan preventif. “Kecelakaan itu cenderung faktor manusia, tapi harus diantisipasi. Pengemudi akan dicek narkoba, nanti koordinasi dengan BNNP Bali,” ungkapnya.

Baca juga:  Narkoba di Kafe Bibir Tak Bertuan, Ini Pernyataan Polda Bali

Ia berharap angka kecelakaan tahun ini bekurang. Tahun 2016 angka kecelakaan seluruh Indonesia turun 72 kasus, korban meninggal dunia turun jadi 88 jiwa.

Dalam operasi kali ini dilibatkan 4.833 orang, terdiri dari Polda Bali sebanyak 450 orang, Polresta dan Polres seluruh Bali 1.510 orang. Selain itu juga melibatkan anggota TNI sebanyak 238 orang dan instansi lain sebanyak 2.635 orang. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.