Suasana pelaksanaan tes masuk di Undiksha. Untuk pendaftaran SMBJM akan diperpanjang karena libur Lebaran. (BP/sos)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Pendaftaran Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri (SMBJM) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja yang awalnya dibuka hingga 20 Juni lalu, diperpanjang sampai 5 Juli 2017 mendatang. Kebijakan ini diambil menyusul adanya libur panjang berkenaan dengan Hari Raya Lebaran. Hal itu disampaikan Humas Undiksha, Agus Supradnyan, Rabu (21/6).

Pascapendaftaran, akan dilanjutkan dengan Computer Based Test (CBT) dari 10 sampai 13 Juli, tes keterampilan 14 Juli dan pengumuman 20 Juli. Selain itu, pada 21 sampai 27 Juli akan dilaksanakan pengisian UKT dan pengumuman 1 Agustus 2017. “Pembayaran ke BNI 46 dari 2 sampai 4 Agustus. Pendaftaran kembali 4 Agustus,” jelasnya.

Lanjut Supradnyan, selain SMBJM, perubahan jadwal juga terjadi pada mekanisme yang harus ditempuh calon mahasiswa baru yang telah lolos seleksi melalui SBMPTN. Penetapan UKT berlangsung pada 22 Juni, dan pembayaran UKT dari 3 sampai 6 Juli 2017. Sementara untuk pendaftatan kembali, pada 6 Juli dari pukul 08.00-15.30 Wita, khusus untuk program studi Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Ekonomi, PPKn, Pendidikan Sejarah, Geografi, Pendidikan Sosiologi, Ilmu Hukum, Penjaskesrek, Ilmu Keolahragaan, dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Pada 7 Juli dilanjutkan pendaftaran kembali untuk program studi Bimbingan Konseling, Teknologi Pendidikan, PGSD, PG PAUD, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Bali, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, Kimia, PKK, Pendidikan Teknik Informasi, Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Mesin.

Baca juga:  Ribuan Lulusan SMA/SMK Ikuti SBMPTN di Undiksha

Sementara itu, Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menjelaskan pendaftar SMBJM diproyeksi mencapai 1.200 orang. Dari angka itu, yang diperlukan sekitar 400 orang. “Pendaftar untuk umum. Untuk Indonesia, bisa juga asing dan penyandang disabilitas,” tegasnya.

Khusus calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan, untuk vokasi prodi D-3 mencapai 144 orang, jalur SNMPTN 809 orang dan SBMPTN yang ketentuannya diatur pusat 1600 orang. “Sesungguhnya pelamar SBMPTN di Undiksha mencapai empat ribu orang lebih. Tetapi yang memenuhi pussing gread hanya 1600,” jelasnya didampingi Wakil Rektor I, Prof. Dr. IB Putu Arnyana, M.Si., dan Wakil Rektor III, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes.

Selain D-3 maupun S-1, Undiksha juga menerima mahasiswa program Magister (S-2) dan Doktor (S-3) yang kuota keseluruhannya mencapai 400 orang. “Untuk S-2 ada 12 prodi dan tiga prodi untuk S-3,” tandasnya. (Sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.