Posko
Kendaraan roda empat yang antre di areal Pelabuhan Gilimanuk. (BP/dok)
NEGARA, BALIPOST.com – Antrean kendaraan para pemudik di Pelabuhan Gilimanuk mulai terjadi. Sejak Selasa malam (20/6), antrean kendaraan baik roda dua maupun roda empat mulai terjadi hingga keluar areal Pelabuhan Gilimanuk. Pihak ASDP Gilimanuk menerapkan percepatan bongkar muat guna mempercepat kendaraan yang antre untuk masuk kapal.

Dari pengamatan Selasa malam kendaraan R4 mulai dialihkan ke gang-gang yang ada di Gilimanuk. Jalur ini sengaja disediakan khusus kendaraan R4 pribadi dan tembus langsung ke Terminal Manuver. Sejumlah pemudik yang mengendarai mobil pribadi ditemui Rabu (21/6) siang mengaku antre hingga 4-5 jam sebelum masuk kapal.

Salah satu pemudik tujuan Jember, Suhendra mengaku masuk Gilimanuk sekitar pukul 03.00 Wita. Namun baru pukul 11.00 Wita masuk kapal di dermaga MB. Ia bersama keluarganya terpaksa melintas di sepanjang gang Gilimanuk lantaran pada Selasa dini hari itu banyak mobil yang juga datang bersamaan.

Pemudik lain, Umar Faroq  dengan tujuan Madura, mengaku masuk di Gilimanuk sekitar pukul 05.00 Wita. Saat diwawancara, pengemudi mobil Avanza silver ini masih mengantre hendak masuk ke dermaga sekitar pukul 11.00 Wita. “Saya nyampe jam 5 subuh tadi, sudah banyak yang antre,” terang Faroq.

Baca juga:  Sambut RAFI, Telkomsel Bangun Belasan Ribu BTS LTE

Sementara itu, dari pengamatan Rabu, antrian R4 pribadi masih terjadi hingga pukul 11.00 Wita namun sebatas di areal parkir Pelabuhan Gilimanuk.  Begitu halnya dengan sepeda motor, namun antrian berangsur-angsur habis khususnya sepeda motor.  Pada tengah hari, antrean diluar Pelabuhan sudah habis baik sepeda motor maupun mobil.

Data dari PT ASDP Indonesia Ferry Unit Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk jumlah kapal penyeberangan yang dioperasikan pada H-5 Lebaran sebanyak 37 unit. Diprediksi  lonjakan kendaraan yang keluar Bali terjadi pada Kamis (22/6) hari ini dan Jumat (23/6).

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banyuwangi, Elvi Yoza yang ikut mengatur di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk Rabu siang mengatakan salah satu upaya untuk mempercepat ialah dengan memangkas waktu bongkar muat kapal. Sejak Senin lalu menurutnay sudah terjadi peningkatan dibanding hari-hari sebelumnya dan diprediksi akan semakin bertambah pada Kamis hari ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya diprediksi akan terjadi kenaikan hingga lima persen dibandingkan arus mudik Lebaran tahun lalu. (surya dharma/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.