Ilustrasi. (BP/dok)
GIANYAR, BALIPOST.com – Modus penipuan dengan pemalsuan akun di media sosial kembali terjadi. Kali ini pelaku memalsukan akun Facebook (FB) milik Ketua Kadin (Kamar Dagang Indonesia) Kabupaten Gianyar Wayan Gede Arsania.

Akibat kejadian ini sejumlah kerabat dari pria asal Desa Mas ini pun berhasil tertipu, lantaran langsung memenuhi permintaan pelaku dengan mengirim pulsa. Menurut Wayan Gede Arsania, pelaku diduga membuat akun FB baru dengan mengambil foto di akun asli miliknya. “Pelakunya ini buat akun baru, kan gampang buat akun baru. Foto saya itu di copy dari akun asli terus dipakai sama dia, kan bisa saja,” ucapnya.

Namun yang membuat ia heran adalah, akun palsu dengan nama “Arsannia Wayan Gede” juga berteman dengan sejumlah kerabat dan sahabat baiknya. “Mungkin dia telah mengorek teman saya, atau memang ada orang dalam yang sengaja dan tahu teman-teman saya, kalau tidak begitu tidak mungkin dia tahu teman-teman baik saya,” katanya.

Baca juga:  Gara-gara Peretasan 50 Juta Akun, Facebook Terancam Denda Miliaran Dolar AS

Sejumlah teman yang tidak menyadari bahwa akun itu palsu dengan cepat memenuhi permintaan pulsa melalui akun tersebut. “Ada dua orang teman saya kena, salah satunya mengaku terkejut, karena saya tumben minta tolong. Bahkan ada yang sampai izin bekerja untuk keluar mengirimi saya pulsa. Dia bilang tumben pak Arsania minta tolong, langsung saya keluar,” ujarnya menirukan perkatan salah satu teman yang menjadi korban.

Gangguan yang menjurus aksi kriminal ini tak sekali ini saja dialaminya. Sebelumnya emailnya juga pernah dibobol oleh hacker sehingga menimbulkan kerugian sampai ratusan juta rupiah. “Itu yang kemarin, saat buyer saya mau melakukan transaksi, ternyata email saya kena hack,” tuturnya.

Dari kejadian ini, Arsania pun mengajak masyarakat lebih berhati-hati menggunakan jejaring media sosial. Sebab modus penipuan berbasis IT kini makin marak terjadi. “Kita harus waspada, jangan sampai terkecoh dengan modus seperti ini,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.