Rektor Undiksha,I Nyoman Jampel saat melakukan monitoring pelaksanaan ujian. (BP/dok)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur undangan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja sudah diumumkan. Meski demikian, Universitas negeri di Bali Utara ini masih membuka penerimaan melalui Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri (SMBJM) dengan kuota ratusan orang.

Rektor Undiksha, Dr.I Nyoman Jampel, M.Pd, Kamis (15/6) menjelaskan berdasarkan data yang dikantongi, calon mahasiswa tahun ajaran ini yang diterima melalui jalur undangan khusus untuk vokasi prodi D-3 mencapai 144 orang, jalur SNMPTN 809 orang dan SBMPTN yang ketentuannya diatur pusat 1.600 orang. “Sesungguhnya pelamar SBMPTN di Undiksha mencapai empat ribu orang lebih. Tetapi yang memenuhi pussing gread hanya 1600,” jelasnya didampingi Wakil Rektor I, Prof. Dr. IB Putu Arnyana, M.Si., dan Wakil Rektor III, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes.

Di samping melalui jalur undangan, SNMPTN, dan SBMPTN, universitas yang memiliki tujuh fakultas ini juga menyediakan penerimaan melalui jalur SMBJM. Pendaftarannya sudah dibuka dan akan berakhir 20 Juni mendatang.

Baca juga:  Berakhir 27 April, Pendaftaran SBMPTN Unud Sudah Capai 5.000 Orang

Sementara untuk Computer Based Test (CBT), akan berlangsung 3 sampai 4 Juli dan 5 Juli tes keterampilan. “Memang ada perguruan tinggi penerimaannya melalui jalur mandiri. Tetapi itu mengambil dari hasil SBMPTN. Sedangkan kami melalui CBT. Cara ini untuk memberikan kesempatan bagi anak yang lulus SMA maksimal tiga tahun lalu untuk bisa mendaftar,” jelas rektor kelahiran Badung ini.

Pendaftar SMBJM diproyeksikan sekitar 1.200 orang. Dari angka itu, yang diperlukan hanya sekitar 400 orang. “Untuk jalur ini pendaftarnya untuk umum. Untuk Indonesia, juga bisa asing maupun penyandang disabilitas,” tegasnya.

Tahun ajaran ini, sambung Jampel Uang Kuliah Tunggal (UKT) masih menggunakan standar 2012. Khusus untuk jalur mandiri, akan mengikuti pola legitimasi pusat. “Untuk UKT tidak ada perubahan. Masih standar 2012,” ungkapnya.

Selain D-3 maupun S-1, Undiksha juga menerima mahasiswa program Magister (S-2) dan Doktor (S-3) yang kuota keseluruhannya mencapai 400 orang. “Untuk S-2 ada 12 prodi dan tiga prodi untuk S-3,” tandasnya. (Sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.