Menhub Budi Karya berbincang dengan penumpang bus di Terminal Purabaya. (BP/ist)
SURABAYA, BALIPOST.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis meninjau kesiapan armada mudik lebaran di Terminal bus Purabaya Bungurasih. Surabaya. Menhub menyebut sebanyak 24 persen angkutan bus di Terminal Purabaya belum layak. Oleh karena itu Menhub menegaskan bus yang tidak laik jalan tidak boleh beroperasi.

“Dari hasil ramp check (uji kelaikan) bus, 76 persen laik jalan dan 24 persen tidak laik jalan, bus yang belum laik jalan tidak boleh beroperasi,” tegas Menhub di Surabaya, Kamis (15/6).

Baca juga:  Lampung Siap Patenkan Label Ikan Teri Pulau Pasaran

Menhub menargetkan sebanyak 80 persen bus di Terminal Purabaya laik jalan pada masa angkutan lebaran. Menurutnya itu sudah mencukupi kebutuhan bus pada masa angkutan lebaran. Oleh karena itu untuk mencapai target tersebut Menhub meminta kepada pengelola terminal untuk membuka counter ramp check.

Pada kesempatan yang sama Menhub menghimbau kepada masyarakat pengguna angkutan bus untuk menggunakan bus yang telah lolos uji, demi keselamatan bersama.
“Masyarakat dihimbau untuk naik bus yang lulus uji ramp check angkutan lebaran, demi keselamatan bersama,” ujarnya.

Baca juga:  Presiden Jelaskan Upaya Tahan Kenaikan Harga Pertalite

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan Komisi V DPR Muhidin M. Said mengapresiasi keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam melakukan penataan terminal dan kesiapannya dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2017. Ia berharap ini dapat dipertahankan sampai arus balik Lebaran. “Saya mengapresiasi Kementerian Perhubungan dan jajaran karena penataan terminal dan kesiapan sarana dan prasarana sudah cukup bagus. Berharap bisa dipertahankan sampai arus balik,” jelasnya.

Muhidin pada kesempatan yang sama juga meminta agar harga tiket bus selama masa angkutan lebaran dipantau secara ketat.

Baca juga:  BKSAP Desak PBB Kirim Pasukan Perdamaian ke Palestina

Usai meninjau Terminal Purabaya Bungurasih, Menhub dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Perak. Sebelumnya, Menhub juga meninjau kesiapan Bandara Juanda, Sidoarjo. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *