Seorang pegawai menata uang sebelum didistribusikan. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Bali NTB dan NTT menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 500 Miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di Bali selama Bulan Ramadan serta dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Proyeksi kebutuhan uang tunai tersebut meningkat sekitar 56 persen dibandingkan saat hari raya di tahun 2016.

Persediaan uang tunai tersebut selain untuk kebutuhan ATM juga disiapkan untuk melayani kebutuhan uang pecahan kecil masyarakat. BNI sendiri juga bekerjasama dengan Bank Indonesia Denpasar dalam membuka layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat di Central Parkir Kuta pada 14 hingga 16 Juni 2017).

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB dan NTT, Putu Bagus Kresna mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen persediaan uang tunai tersebut untuk menunjang operasional 435 ATM tarikan tunai yang ada di Bali. “Peningkatan jumlah uang tunai tersebut disebabkan karena bertambahnya jumlah nasabah BNI dan jumlah mesin ATM yang kami miliki,” ujarnya. Untuk di Bali sendiri, BNI juga mengoperasikan 21 ATM non tunai, 11 ATM setoran tunai (Cash Deposit Machine) serta 23 ATM tarik setor (Cash Recycle Machine).

BNI juga akan menempatkan fasilitas minibus BNI Layanan Gerak (BLG) di area Pelabuhan Gilimanuk pada tanggal 22-24 Juni 2017. Untuk memastikan operasional ATM selama libur hari raya tersebut, BNI juga telah menyiapkan tim khusus untuk mengamankan dan memonitor performance ATM selama 24 jam.

Baca juga:  Water Barrier Mulai Dipasang Menjelang Arus Mudik

Selanjutnya untuk memberikan layanan yang optimal kepada para nasabahnya selama libur hari raya, bank yang didirikan di masa perjuangan kemerdekaan, 5 Juli 1946 itu, akan tetap buka. BNI akan buka dengan operasional terbatas di 3 cabang serta 3 outlet weekend banking antara tanggal 26 Juni-2 Juli 2017. Transaksi yang dapat dilayani selama operasional terbatas. Diantaranya setoran/penarikan rekening IDR, pemindahbukuan antar rekening BNI (IDR dan valas), setoran BBM/non BBM, setoran pajak (terbatas), serta transaksi kliring/RTGS (sesuai kalender operasional Bank Indonesia).

Untuk kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi diharapkan nasabah dapat juga memanfaatkan layanan e-channel melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking dan Phone Banking. Selain itu BNI juga mendorong masyarakat khususnya yang akan melakukan perjalanan mudik untuk menyiapkan uang elektronik BNI TapCash untuk kelancaran pembayaran di gerbang tol. BNI juga menyediakan aplikasi BNI UnikQu untuk transaksi pembelian dan pembayaran melalui telepon genggamnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.