Suasana di Terminal Mengwi. (BP/dok)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah tinggal menghitung hari. Namun, geliat arus mudik belum terlihat di Terminal Mengwi.

Terminal tipe A ini masih terlihat lenggang. Berbeda dengan terminal Ubung, Denpasar yang dipadati penumpang jelang perayaan umat Muslim tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Badung AAN Rai Yuda Dharma, tak menampik suasa terminal Mengwi masih sepi penumpang. Pihaknya, juga mengakui belum mengelar posko menyabut arus mudik. “Posko lebaran belum didirikan saat ini. Namun, bukan berarti kami tidak melakukan persiapan menyambut datangnya arus mudik,” ungkap Rai Yuda Dharma, Minggu (11/6).

Menurutnya, hasil rapat koordinasi di Dinas Perhubungan Provinsi Bali, pemkab Badung hanya diminta menyiapkan petugas lapangan. Adapun kekuatan petugas yang dikerahkan berjumlah 30 orang. “Itu berdasarkan permintaan dari Balai LLAJ SDP selaku yang punya kewenangan di terminal tipe A (Mengwi). Dan kami sudah mempersiapkan petugas untuk kami terjunkan di lapangan,” ujarnya.

Baca juga:  ASDP Siap Layani 4,2 Juta Pemudik

Dijelaskan, puluhan petugas yang diterjukan akan ditempatkan di dalam terminal maupun di persimpangan yang menjadi arus mudik maupun arus balik nanti. Kawasan yang akan mendapatkan penjagaan adalah persimpangan Sempidi, Lukluk, Kapal, Beringkit, Mengwitani serta persimpangan lainnya yang nantinya bersifat situasional. “Kalau situasi di lapangan membutuhkan petugas yang lebih banyak, kami akan memperbantukan personil dari pos wilayah Kuta Selatan, dengan jumlah 150 personil,” jelasnya.

Dia memprediksi, puncak arus mudik dari Terminal Mengwi dengan tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia akan terjadi pada H-4 atau pada  22 Juni 2017. Sementara untuk arus balik dipresiksi pada H+3 atau pada 1-2 Juli 2017. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.