ROKAN HILIR, BALIPOST.com – Festival Bakar Tongkang 2017 di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, 10-11 Juni dijamin bakal seru abis. Selain even utama Bakar Tongkang, ada juga destinasi-destinasi wisata di sana yang layak dikunjungi. Yang penasaran, silakan arahkan pandangan ke Pulau Jemur.

“Kalau ke Bakar Tongkang harus ke Pulau Jemur juga. Rugi kalau nggak ke sana,” tutur Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Rohil Ali Asfar, Sabtu (10/6).

Kebetulan, momentumnya pas. Wisman dan wisnus sedang ‘menyerbu’ Bagan Siapi-Api untuk menyaksikan Bakar Tongkang. Jumlahnya pun sangat banyak. Cerminannya terlihat dari hotel-hotel dan berbagai jenis penginapn yang sudah habis terbookng. “Kami akan membuka Trayek jalur wisata “Tour Pulau Jemur. Silakan buktikan keindahan panoramanya,” tambah Ali.

Trayek yang dibuka itu akan mencover perjalanan  Pergi Pulang (PP) dengan kapal ferry. Dan ongkos yang dibebankan hanya Rp 280 ribu.  “Lama perjalanan kurang lebih 2 jam,” ujar Kadisparpora Ali.

Baca juga:  Bangun Runway III Bandara Soetta, AP II Investasikan Rp 2,6 Triliun

Ali Asfar menambahkan, keberangkatan trayek Tour Pulau Jemur akan berakhir saat selesainya acara Bakar Tongkang.

Nama Pulau Jemur sendiri  lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya.

“Panoramanya sangat indah, juga di pulau itu dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai dan bertelur. Sekali bertelur bisa 100 sampai 150 butir per ekornya. Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain, di antaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas,” kata Ali berpromosi.

Baca juga:  Jadi Destinansi Crossboder, Atambua Gelar Pemilihan Duta Wisata dan Puteri Pariwisata

Selain Pulau Jemur, ada beberapa obyek wisata lain yang wajib diikunjungi seperti Pulau Tilan, Danau Nupangga, Obyek Wisata Batu Enam, Danau Janda Gatal, Wisata Taman Bay Park, Danau Buatan Pedamaran, Jembatan Pedamaran, Bono Sungai Rokan, Kampung Wisata Rantau Bais, dan Telaga Tegenang.

Selain itu, kata Ali, Bagansiapi juga dikenal dengan berbagai makanan khas yang dapat dinikmati. Salah satunya sambal belacan yang tiada bisa menandingi kenikmatannya.

“Selain Belacan, Rasakan juga sensasi kuliner Rokan Hilir seperti Emping Padi, Misua Rebus, Anyang Pangkek, Rendang Kerang, Sarak terung, Sup Ikan Kepala Batu, Asam Pedas Keladi, Sambal Belacan, Anyang Pucuk Babueh dan minuman khas seperti Jus Buah Nipah, Air Serbat, Mentimun terong dan Kolding,” ungkapnya.

Baca juga:  Festival Bahari Nias Suguhkan “Surga Kecil” di SOZIONA

Sambutan baik disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya terkait pengenalan destinasi ini. “Kunci pengembangan destinasi terletak pada 3A (Atraksi, Aksesbilitas, dan Amenitas),” jelasnya.

Pengembangan Destinasi membutuhkan 3A untuk dapat mengoptimalkan sebuah destinasi wisata di tengah wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Terdapat beberapa hal yang mampu dijadikan potensi untuk ditingkatkan dari sektor pariwisata Rokan Hilir, yaitu bidang budaya, kuliner dan juga daya tarik alam.

Menpar juga akan membantu mengenalkan destinasi wisata yang ada itu. Festival Bakar Tongkang sudah dikenal di mata dunia dunia dan banyak wisatawan yang datang mengikuti prosesi itu. Kegiatan ini juga sudah masuk Calender of Events Riau, dan kegiatan nasional. “Terutama di Media Digital. Ini harus diviralkan terlebih  dulu,” kata Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *