JAKARTA, BALIPOST.com – Kemenhub mempersiapkan armada kapal laut dengan kapasitas 3 juta penumpang untuk periode Angkutan Lebaran 2017 karena diprediksi ada peningkatan penumpang sebesar tiga persen. “Untuk mengantisipasi peningkatan penumpang tersebut, Ditjen Hubla telah menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.278 unit dengan kapasitas 3 juta orang penumpang,” kata Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (10/6).

Tonny menyebutkan, jumlah penumpang angkutan laut pada Lebaran 2017 diperkirakan mencapai 1.724.748 orang atau mengalami peningkatan tiga persen sebesar 50.235 orang dari tahun sebelumnya. Ia memastikan, kapal yang disiapkan untuk angkutan mudik telah melakukan uji petik kelaiklautan kapal pada seluruh unit tersebut.

Baca juga:  Bali Era Baru, Kembali ke Jati Diri Masyarakat Bali

Dari yang sudah di uji petik, terdapat 27 kapal sedang melaksanakan docking (pemindahan kapal) dan 4 kapal dalam kondisi rusak. Tonny mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan pada 52 pelabuhan serta uji petik kelaikan kapal pada seluruh kapal penumpang yang beroperasi untuk memastikan terpenuhinya standar keselamatan pelayaran.

Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2017 ini akan dipantau dan dikendalikan secara langsung melalui Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2017 (1438 H) yang merupakan bagian dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu Kementerian Perhubungan. Posko ini akan dibuka mulai H-15 (10 Juni 2017) sampai dengan H+15 (11 Juli 2017).

Baca juga:  Pura Jagatnatha Ramai Didatangi Umat saat Galungan

Pada masa Angkutan Lebaran 2017, Ditjen Perhubungan Laut kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis bagi pengguna sepeda motor, termasuk dengan menggunakan moda kapal laut dengan rute tujuan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Pelaksanaan mudik gratis ini rencananya akan dilakukan sebanyak 4 kali perjalanan (PP) dengan total kuota angkut 10.000 sepeda motor dan 20.000 penumpang. Ada pun keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok dilaksanakan pada 17, 19, 21 dan 23 Juni 2017, sedangkan kepulangan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah pada 30 Juni, 2, 4 dan 6 Juli 2017.

Baca juga:  Sudikerta Dijebloskan ke Lapas Kerobokan

Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis dengan kapal laut bisa mendaftarkan secara daring melalui situs resmi mudikgratis.dephub.go.id sejak 30 Mei 2017 lalu sampai 15 Juni 2017. Selain melalui pendaftaran daring, pendaftaran mudik gratis dengan kapal juga dapat dilakukan dengan mendatangi tiga lokasi, yaitu Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, GOR Balai Rakyat di Jalan Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur dan GOR Ciputat Tangerang Selatan. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *