Pemasangan foto Bung Karno dilakukan di sekolah. (BP/olo)
NEGARA, BALIPOST.com – Berbagai upaya dilakukan untuk membumikan Pancasila di jiwa generasi muda penerus bangsa. Seperti yang dilakukan para kader partai PDI Perjuangan Jembrana beberapa hari ini.

Di bawah pimpinan Made Kembang Hartawan, para kader Pancasilais yang diantaranya anggota DPRD Jembrana memasang foto Bung Karno dan kata-kata mutiara mengobarkan semangat di sejumlah SD hingga SMA di Jembrana. Dengan begitu, siswa akan mengingat dan memupuk rasa nasionalisme sejak dini.

Safari ke sekolah-sekolah ini dilakukan di bulan Juni yang merupakan salah satu bulan bersejarah, bulan lahirnya Pancasila dan proklamator RI, Ir Soekarno. Di setiap sekolah para pelajar menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Kembang Hartawan mengatakan upaya ini dilakukan untuk membangkitkan kesadaran kolektif terhadap landasan hidup, falsafah hidup Pancasila. Di tengah upaya sekelompok orangg yang ingin mengganti pancasila dengan idiologi lain. “Pancasila sudah menjadi konsesus nasional, tidak bisa terbantahkan, tidak bisa tergantikan,” tandasnya. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.