mudik
Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto melakukan inspeksi kendaran operasional usai apel kesiapan Lebaran di Monas Jakarta, Kamis (8/6).
JAKARTA, BALIPOST.com –¬† Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar Apel Kesiapan Peralatan atau Perlengkapan Operasional Lebaran tahun 2017. “Mengingat arahan Presiden terkait penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017, kemacetan di jalur mudik yang telah menjadi permasalahan klasik agar dihilangkan. Oleh karena itu, kesiapan peralatan dan perlengkapan operasional Lebaran harus diperiksa sehingga kualitas bidang pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan para pemudik dapat ditingkatkan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto saat memberikan arahan kepada peserta apel di Monas Jakarta, Kamis (8/6).

Pudji mengatakan, nerbagai upaya dilakukan demi mewujudkan mudik yang lancar, aman, nyaman, dan tertib. “Sebagaimana juga arahan dari Menteri Perhubungan agar kita semangat melakukan perubahan dan kreativitas. Salah satunya kegiatan ini adalah hal baru yg tidak dilakukan pada waktu yang lalu,” pungkas Pudji.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan peralatan atau perlengkapan yang akan digunakan pada Angkutan Lebaran 2017 benar-benar siap operasional. Tak kalah penting, personil¬† atau operator juga harus mahir dan mampi mengoperasionalkan peralatan tersebut. “Peralatan dan personilnya harus siap keduanya,” tegas Pudji.

Baca juga:  Berdalih Mau Mudik, Buruh Menjambret

Pada apel kesiapan yg diikuti oleh Ditjen Hubdat, Dinas Perhubungan Prov. DKI Jakarta, TNI, dan beberapa dinas yang ada di prov. DKI Jakarta ini, sedikitnya 69 kendaraan bermotor R4 dan R2 operasional yang akan digunakan untuk pengamanan Angkutan Lebaran tahun 2017 dikumpulkan untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan tersebut memang masih ditemukan beberapa kekurangan. Oleh sebab itu, saya lakukan pemeriksaan lebih awal, sehingga apabila sekarang masih ada kekurangan dapat segera diperbaiki. Paling tidak H-10 peralatan ini sudah bisa dioperasionalkan.

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini harapannya agar dapat menjadi pemicu ke daerah, baik Dinas Provinsi atau Dinas Kabupaten/Kota untuk juga melakukan hal serupa. “Saya berharap kita semua waspada dan bertanggung jawab, siap peralatan dan perlengkapan maksimal guna mendukung angkutan lebaran tahun 2017 aman dan nyaman,” tutupnya. (Nikson/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.