Penumpang memasuki kapal di Pelabuhan Padangbai. (BP/dok)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Arus mudik Lebaran yang diperkirakan meningkat 10 persen, membuat PT. ASDP menambah dua loket pelayanan di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. “Dengan dua loket tambahan maka selama arus mudik pelayanan penumpang kita lakukan di empat loket,’’ ungkap Manager PT. ASDP Padangbai, I Wayan Rosta, Rabu (7/6).

Saat ini, lanjutnya, loket tambahan untuk penumpang sepeda motor sudah dioperasikan. Sedangkan loket tambahan penumpang pejalan kaki, baru akan dioperasikan jika sudah terjadi lonjakan.

Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak kepadatan arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. Selain menambah sarana prasarana pelabuhan, pada Lebaran kali ini PT. ASDP menyiapkan 33 armada kapal feri.

Enam kapal masih dalam proses docking (perawatan rutin) di Surabaya dan sebelum puncak arus mudik dipastikan sudah bisa beroperasi. Setidaknya, menurut Rosta, selama arus mudik sebanyak 30 kapal sudah akan siap melayani rute penyeberangan Padangbai-Lembar, Lombok.

Baca juga:  Sambut Lebaran, Kemenhub Siapkan 532 Pesawat

Secara teknis, katanya, Pelabuhan Padangbai sudah siap menyambut datangnya Lebaran. Rosta mengatakan, saat ini kedua dermaga yang ada sudah bisa dioperasikan baik dermaga I maupun dermaga II yang sempat mengalami kerusakan. Satu-satunya kendala yang mungkin menjadi ancaman adalah masalah cuaca. Selama kondisi cuaca baik seperti sekarang ini diyakini arus penyeberangan akan berjalan lancar.

Rosta mengakui aktivitas penyeberangan Bali-Lombok sempat tersendat karena aktivitas bongkar muat hanya bisa dilakukan di dermaga I. Hal itu akibat jebolnya dek dermaga II akibat korosi. Sekarang proses perbaikan sudah tuntas meskipun secara administasi belum dilakukan serah terima. “Dermaga II sudah oke, sekarang kita sedang siapkan upacara pemlaspasan-nya,” pungkas Rosta. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.