Pekerjaan
Ilustrasi
SINGARAJA, BALIPOST.com – Warga di Kabupaten Buleleng yang masih menyandang status sebagai pengangguran dalam waktu dekat akan mendapat celah untuk melamar pekerjaan. Pasalnya, pada 13 hingga 15 Juni 2017, pemkab menyelenggarakan job fair di eks Pelabuhan Buleleng.

Program tahunan itu melibatkan puluhan perusahaan dengan menawarkan ribuan formasi lowongan. Tak hanya itu, penyandang disabilitas juga diberikan kesempatan untuk ikut berkompetisi.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Buleleng, I Nyoman Susila, S.Sos, Rabu (7/6) menjelaskan sesuai pendataan, job fair itu akan melibatkan 20 perusahaan berbagai jenis, seperti pariwisata, perbankan, retail, jasa hingga Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). Dari itu, formasi lowongan yang tersedia mencapai 6.579 orang. “Perusahaan yang terlibat ini memiliki peluang membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Kalau nanti ada perusahaan lain yang ingin terlibat, kami tetap berikan kesempatan,” jelasnya.

Baca juga:  Maret 2017, NTP Bali Turun 1 Persenan

Peluang kerja ini tak hanya diperuntukkan kepada warga yang berijazah SMA/SMK, diploma maupun sarjana. Tetapi juga di bawah itu, dengan catatan memiliki sertifikasi keahlian. Program ini juga memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk ikut berkompetisi. “Penyandang disabilitas yang memiliki keahlian bisa ikut melamar kerja. Program ini diprioritaskan untuk warga Buleleng,” ucapnya.

Saat ini jumlah angkatan kerja di Kabupaten Buleleng, sesuai hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS) periode Agustus 2016, mencapai 352.510 orang. Jumlah ini meningkat dari periode Agustus 2015 sebanyak 342.975 orang. (Sosiawan/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.