BOJONEGORO, BALIPOST.com – Warga keturunan Tionghoa di Bojonegoro, Jawa Timur memiliki cara tersendiri untuk menjaga kerukunan antarumat beragama. Setiap Ramadan, mereka menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim di sekitar klenteng. Tradisi yang berusia 15 tahun ini disambut antusias warga yang menjalankan ibadah puasa.

Sejak siang hari, umat Klenteng Hok Swie Bio di Bojonegoro nampak sibuk menyiapkan makanan buka puasa untuk umat muslim. Meski tidak ikut menjalankan ibadah puasa, mereka antusias menyiapkan segala hidangan yang dibutuhkan, seperti nasi dan sayur, takjil, minuman, serta buah-buahan segar.

Buka puasa bersama ini diselenggarakan setiap Jumat pada bulan Ramadan. Umat muslim yang datang mengikuti buka puasa bersama ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Mereka berbaur dengan warga keturunan Tionghoa, bercengkrama, dan juga bergurau selama buka puasa.

Baca juga:  Libur Panjang dan Lebaran, BNI Siapkan Rp 500 Miliar

Salah satu umat muslim yang hadir di acara buka puasa itu, Muriyanti, mengaku rutin mengikuti kegiatan ini setiap tahun. Tradisi buka puasa bersama ini dapat memperkuat tali persaudaraan antarumat, sehingga menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketua Klenteng Hok Swie Bio, Tan Tjin Hwat mengutarakan buka puasa bersama ini selain bertujuan meningkatkan tali persaudaraan antarumat juga meningkatkan toleransi. Dalam buka puasa bersama ini, ia mengatakan klenteng menyediakan 400 porsi makanan.

Tak hanya warga sekitar, sejumlah musafir yang sedang singgah di masjid-masjid sekitar klenteng juga diajak untuk ikut buka puasa bersama. (kmb/surabayatv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.