BLITAR, BALIPOST.com – Sebuah galeri di Kabupaten Blitar hampir setiap hari selalu dikunjungi warga. Ramainya galeri milik Haji Marzuki ini dikarenakan salah satu lukisan yang ada di sana disebut-sebut merupakan lukisan Monalisa yang asli.

Galeri yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Srengat, Blitar ini menyimpan banyak lukisan karya tokoh ternama. Beberapa tokoh ternama yang lukisannya dipajang, misalnya Raden Saleh, Vincent Van Gogh, dan Picasso.

Namun yang paling menjadi perhatian pengunjung adalah lukisan seorang wanita, Monalisa, yang merupakan karya Leonardo da Vinci. Lukisan yang dipajang di dinding tembok ini tidak pernah sepi pengunjung. Mereka terpesona dengan goresan cat serta teknik melukis dalam lukisan itu yang sangat indah.

Pemilik galeri, Haji Marzuki mengatakan lukisan ini ia dapatkan dari pengepul barang-barang bekas asal Kediri sekitar tiga bulan lalu. Awalnya ia tidak menyangka jika lukisan itu adalah Monalisa. Karena saat dijual hanya berupa gulungan kain.

Baca juga:  Livi Zheng akan Buat Film Dokumenter Blitar

Namun ketika dibersihkan, ia sangat terkejut karena lukisan itu berisi sosok yang sudah sangat terkenal di kalangan kolektor lukisan, yakni Monalisa. Dikatakannya beberapa kolektor lukisan yang datang ke rumahnya juga menyatakan jika lukisan Monalisa miliknya adalah lukisan yang dicari para kolektor di dunia.

Soal lukisan ini, kurator asal Sidoarjo, Haris Perdana mengaku baru sekali ini melihat lukisan seindah lukisan Monalisa milik Haji Marzuki. Haris yang kerap mengurasi lukisan untuk Balai Lelang Christie ini mengutarakan lukisan Monalisa milik Marzuki sangat bagus. Karakter yang dilukis sangat detil, baik obyek lukisan maupun background di belakangnya. Meski banyak proses yang harus dijalani guna membuktikan keaslian lukisan itu, ia mengaku sangat terpesona dengan keindahan lukisan tersebut. (kmb/surabayatv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.