Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Mata minus dapat membuat penglihatan jarak jauh menjadi terganggu. Kondisi ini memang menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi dapat diperbaiki dengan beberapa cara. Berikut dua macam terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan mata minus, dikutip dari klikdokter.com :

1. Kacamata atau lensa kontak

Mata minus dapat diperbaiki dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, pola makan sehat serta kebiasaan membaca yang baik juga dibutuhkan.

Mengistirahatkan mata saat mata Anda terasa lelah juga membantu agar mata minus tidak bertambah. Dengan kacamata atau lensa kontak, mata minus Anda sebenarnya tidak akan berkurang ataupun sembuh; hanya membantu agar tidak bertambah. Selain itu, gejala yang menyertai mata minus seperti pusing akan berkurang.

2. Operasi LASIK

Lasik (laser-assisted in situ keratomileusis) adalah metode terpopuler di dunia untuk memperbaiki kelainan mata minus. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter spesialis mata yang kompeten.

Metode ini berguna untuk memperbaiki bentuk permukaan kornea mata sehingga cahaya dapat masuk dengan sempurna dan penglihatan mata meningkat. Dengan demikian, mata dapat normal kembali tanpa harus dikoreksi menggunakan kacamata atau lensa kontak. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.