SINGARAJA, BALIPOST.com – DPC PDI Perjuangan Buleleng menggelar apel peringatan Hari Lahirnya Pancasila Kamis (1/6) kemarin. Apel ini dipusatkan di Monumen Perjuangan Bhuana Kerta Desa Panji, Kecamatan Sukasada.

Selain diikuti pengurus dan kader PDI-Perjuangan, apel juga diikuti Linmas, PNS, pelajar, mahasiswa, dan organisasi masyatakat.

Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG menjadi inspektur upacara dan pemimpin apel Ni. Kadek Turkini.

Dalam apel juga diisi dengan pembacaan Keputusan Presiden Joko Widodo yang menetapkan setiap tanggal 1 Juni menjadi hari lahirnya Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra mengatakan, apel ini baru pertama kali digelar jajaran PDI Perjuangan sejak pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Dari peringatan ini dijadikan momentun untuk menghayati dan mengamalkan implementasi sila-sila Pancasila yang dikenal menjadi roh dalam kehidupan berbangsa dan bernagara. “Melalui peringatan 1 Juni ini mari kita bersama-sama untuk mencintai dan menteladai sila-sila Pancasila yang dirintis Presiden Pertama Soekarno,” jelasnya.

Baca juga:  Diprotes, Larangan Kampanye Pasang Foto Mantan Presiden

Sementara itu salah seoang anggota Pemuda Panca Marga Nyoman Santika mengatakan, kebijakan pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai lahirnya Pancasila sangat tepat. Dia berharap bagaimana Pancasila dijadikan dasar dan pundamen dalam mengisi pembangunan dan bernegara dengan menjungjung sila-sila pancasila terutama kebinikaan dan gotongroyong. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.