SINGARAJA, BALIPOST.com – DPC PDI Perjuangan Buleleng menggelar apel peringatan Hari Lahirnya Pancasila Kamis (1/6) kemarin. Apel ini dipusatkan di Monumen Perjuangan Bhuana Kerta Desa Panji, Kecamatan Sukasada.

Selain diikuti pengurus dan kader PDI-Perjuangan, apel juga diikuti Linmas, PNS, pelajar, mahasiswa, dan organisasi masyatakat.

Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG menjadi inspektur upacara dan pemimpin apel Ni. Kadek Turkini.

Baca juga:  Setia Mengawal Ideologi Pancasila

Dalam apel juga diisi dengan pembacaan Keputusan Presiden Joko Widodo yang menetapkan setiap tanggal 1 Juni menjadi hari lahirnya Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra mengatakan, apel ini baru pertama kali digelar jajaran PDI Perjuangan sejak pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila. Dari peringatan ini dijadikan momentun untuk menghayati dan mengamalkan implementasi sila-sila Pancasila yang dikenal menjadi roh dalam kehidupan berbangsa dan bernagara. “Melalui peringatan 1 Juni ini mari kita bersama-sama untuk mencintai dan menteladai sila-sila Pancasila yang dirintis Presiden Pertama Soekarno,” jelasnya.

Baca juga:  Kader PDIP Diingatkan Tak Terbawa Arus Capres dan Cawapres

Sementara itu salah seoang anggota Pemuda Panca Marga Nyoman Santika mengatakan, kebijakan pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai lahirnya Pancasila sangat tepat. Dia berharap bagaimana Pancasila dijadikan dasar dan pundamen dalam mengisi pembangunan dan bernegara dengan menjungjung sila-sila pancasila terutama kebinikaan dan gotongroyong. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *