JAKARTA, BALIPOST.com – Jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan internet, tapi tidak punya waktu dan sumber daya untuk menjalankannya, Anda mungkin perlu mencoba Managed Service Provider (MSP).

Jika belum tahu, MSP adalah perusahaan yang memberikan berbagai macam layanan penyediaan dan pengelolaan sumber daya Teknologi Informasi yang terintegrasi untuk membantu optimalisasi dan efisiensi bisnis dari klien. MSP menyediakan layanan yang beragam dari mulai perencanaan implementasi, dan manajemen dari infrastruktur, jaringan, aplikasi, serta sumber daya manusia.

Berikut ini adalah beberapa alasan untuk menggunakan layanan MSP :

1. Sumber daya lebih efisien

Membentuk divisi IT dalam perusahaan bisa cukup menantang. Anda harus membangun tim IT, mengedukasinya, serta menyiapkan infrastruktur, lalu mulai membangun produk IT Anda. Semua itu akan memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang sangat besar. Dan semua sumber daya yang dibutuhkan akan bertambah besar jika semua proses itu tidak berjalan sesuai keinginan (misalnya ada anggota tim tidak kompeten dan harus dipecat).

Jika Anda menggunakan layanan MSP, Anda sama sekali tidak perlu memikirkan semua itu. Tim MSP akan menyediakan sumber daya manusia yang kompeten sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk merekrut dan mengedukasi mereka.

Infrastruktur IT yang Anda butuhkan bisa disediakan oleh MSP itu sendiri. Jadi, Anda tinggal membayar dan memastikan bahwa tim MSP Anda bekerja sesuai keinginan.

2. Fleksibel, responsif, dan proaktif

Tim MSP juga akan proaktif dan responsif dalam mengelola produk IT Anda. MSP biasanya memiliki standar operasi 24 jam tiap hari untuk memastikan produk IT kliennya berjalan dengan baik. Selain itu, MSP juga biasanya proaktif dalam mengelola, dan memberikan informasi serta solusi terbaru terkait produk IT Anda.

Anda pun akan tetap memiliki kendali dan suara mengenai sistem IT yang digunakan. Klien memiliki hak untuk memberikan masukan terhadap tim MSP berdasarkan laporan kinerja yang diserahkan secara periodik. Tim MSP juga dituntut untuk selalu fleksibel dalam memenuhi kebutuhan klien.

Baca juga:  Di Karangasem, Puluhan SMP Belum Siap Gelar UNBK

3. Biaya yang tetap

Satu masalah yang sering dihadapi pengelola bisnis dalam mengembangkan dan mengelola produk teknologi adalah biayanya. Seringkali, Anda akan menemui masalah yang mengharuskan perusahaan mengeluarkan biaya tidak terduga. Ini tentunya akan merusak alur kas dan finansial dalam satu bulan itu atau bahkan dalam beberapa bulan ke depan.

Jika Anda menggunakan MSP, Anda hanya akan mengeluarkan dua jenis biaya. Yang pertama adalah biaya implementasi awal yang hanya akan dibayarkan sekali. Lalu yang kedua adalah adalah biaya jasa maintenance bulanan yang sudah tetap dan disetujui sejak awal. Artinya, biaya yang Anda bayarkan untuk produk IT akan konsisten dan tidak fluktuatif, sehingga Anda tidak perlu mengalokasikan dana cadangan jika terjadi masalah.

Ada banyak contoh dimana pemilik bisnis atau organisasi, terutama yang tidak sepenuhnya bergerak dalam bidang IT, sangat terbantu dengan jasa MSP.

Salah satu contohnya adalah Priority Express Courier asal Amerika Serikat. Perusahaan ini menyediakan sejumlah layanan seperti kurir, pengiriman, kargo, gudang. Mereka sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan membutuhkan pembaruan solusi IT untuk menunjang pertumbuhannya.

Menggunakan layanan MSP, perusahaan ini membangun jaringan virtual yang bekerja lancar bersama sistem jaringan yang sudah ada. Transisi ini berhasil menurunkan waktu down time sistem hingga nyaris nol persen.

Selain itu, masih banyak lagi contoh dimana perusahaan yang sudah cukup bertumbuh perlu memperbarui infrastruktur dan layanan IT-nya agar bisa beroperasi dengan lebih efisien. Dalam kasus seperti ini, MSP biasanya memulai dengan mempelajari tujuan bisnis dari calon klien kemudian ditranslasikan menjadi sebuah solusi MSP yang terintegrasi dan relevan serta paling optimal bagi perusahaan.

Silakan hubungi Hypernet sebagai salah satu penyedia layanan MSP terpercaya di Indonesia. Kami akan senang menjawab segala pertanyaan Anda seputar bagaimana bisnis Anda bisa bertumbuh lebih efisien dengan jasa MSP. Jika ingin melihat detail tentang MSP anda dapat mengakses website kami diwww.hypernet.co.id atau hotline kita di +62 21 2939 3939. (adv)

BAGIKAN

2 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.