Merica. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Lada putih atau merica bukan hanya bisa menyedapkan rasa makanan. Tapi bumbu dapur ini juga bisa bekerja untuk detoksifikasi kulit, menjaga ketahanan warna pakaian, hingga bantu melawan risiko kanker.

Senyawa dalam merica yang dikenal piperine memiliki kemampuan untuk mencegah berkembangnya kanker. Menurut penelitian yang dilakukan University of Michigan Cancer Center, meningkatkan asupan merica ditambah kunyit dapat bekerja ekstra untuk pencegahan kanker payudara.

Berikut kehebatan merica yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dikutip dari klikdokter.com:

1. Mengembalikan warna pakaian

Jika pakaian kesukaan Anda mulai memudar, coba cuci dengan merica. Bumbu dapur ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan warna pakaian yang telah pudar. Menurut Karyn Siegel-Maier, penulis The Naturally Clean Home, taburkan satu sendok teh merica bersama deterjen ke mesin cuci, ia akan membuat warna pakaian seperti baru lagi.

Baca juga:  Minum Air Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

2. Scrub kulit

Merica dapat merangsang sirkulasi oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit Anda. Manajer Bliss Spa, Wendy Allred, mengatakan merica dapat mengangkat sel-sel kulit mati dengan baik.

Cobalah untuk mencampur bubuk merica ke dalam ramuan scrub Anda. Atau buatlah scrub alami dari gula pasir, minyak pijat, minyak esensial dan sejumput merica. “Aduk bersama lalu oleskan dan gosok scrub ke kulit basah lalu basuh dan rasakan hasilnya,” kata Allred.

3. Redakan pilek

Neil Schachter, MD, profesor dari Mt. Sinai School of Medicine in New York City dan penulis buku berjudul: The Good Doctor’s Guide to Colds and Flu, menemukan bahan kimia alami dalam merica mampu mencairkan lendir saat pilek. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.