DENPASAR, BALIPOST.com – Menjadi seorang salesperson rupanya tak cukup bila hanya mengandalkan keterampilan berupa hard skills dan soft skills saja. Ada empat resep lagi yang mesti dikuasai untuk memenangkan proses penjualan.

Resep itu dibagikan Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya dalam The 5th Indonesia Marketeers Festival 2017 yang digelar MarkPlus, Inc. bekerjasama dengan Pegadaian di Hotel Aston, Denpasar, Selasa (23/5). Hermawan mengatakan, hard skills mengacu pada penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi atau ketrampilan teknis terkait bidang kerja. Ada baiknya ditambah dengan membawa diri secara menarik, entah dari sisi penampilan, gaya, dan sebagainya.

Sementara soft skills mengacu pada kemampuan berkomunikasi dan berelasi dengan konsumen. Dalam hal ini, konsumen diperlakukan sebagai teman bukan objek maupun raja yang bisa dijilat.

“Komunikasi human to human harus dikedepankan. Hanya dengan ini, salesperson bisa mendapat tempat di hati konsumennya,” ujarnya.

Namun, lanjut Hermawan, hard skills maupun soft skills saja tidak cukup. Sebab, ada 4 hal utama yang harus dimiliki untuk menjadi seorang salesperson yang WOW. Pertama, satukan kata dan perbuatan, yang intinya harus konsisten antara janji dan kenyataan. Kebohongan sekecil apapun pertaruhannya adalah reputasi.

Baca juga:  Bagian Farmasi Salah Baca Resep Dokter

Kedua, tambahkan kejutan bagi pelanggan. Ketiga, ajari pelanggan untuk tumbuh atau menjadi konsultan bagi konsumennya. Keempat, bisa mengembangkan relasi dengan konsumen sampai level pertemanan atau bukan sekedar relasi penjual dan pembeli saja. “Hanya dengan ini, anda memiliki peluang besar untuk memenangkan proses penjualan anda,” tegasnya.

Indonesia Marketeers Festival 2017 tahun ini mengangkat tema “WOW To WIN : Cara Jitu Sales & Promotion”. Acara ini diadakan di 17 kota besar di Indonesia termasuk Denpasar. Selain seminar mengenai pemasaran, diisi pula dengan konvoi wisata budaya, ajang pemilihan Marketeers Brand Ambassador, dan photo contest.

Event ini juga menjadi ajang pemberian penghargaan bergengsi Markeeter of The Year 2017 dari setiap daerah. Markeeter of The Year 2017 merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang berhasil menerapkan marketing spirit secara luar biasa yang membawa dampak positif bagi perusahaan, masyarakat, dan juga menjadi teladan bagi para pemasar lainnya. Di Denpasar sendiri, penghargaan ini diraih oleh Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.