LAMONGAN, BALIPOST.com – Sejumlah siswa di Kabupaten Lamongan berhasil menciptakan permen dengan inovasi baru. Para siswa membuat permen dari ceker ayam.

Meski dari bahan yang kurang lazim, namun permen inovasi dari siswa ini cukup digemari warga dan siswa lantaran rasanya yang unik serta bergizi tinggi. Adalah siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran, Lamongan yang menciptakan kreasi ini.

Untuk pembuatan permen dari ceker ayam ini cukup sederhana. Bahan–bahan dasar ceker ayam dengan tambahan sayuran, air, serta gula dihaluskan dengan mesin penghalus. Sementara ceker ayam terlebih dulu di presto agar struktur ceker lebih lunak. Setelah ceker ayam lunak, ceker ayam kemudian dicampur dengan adonan untuk kemudian direbus.

Baca juga:  Cerdas Mengelola Persaingan pada Era Digital

Adonan setengah jadi kemudian dituangkan di loyang hingga dingin. Bahan kemudian dipotong-potong kecil menyerupai permen dan dijemur hingga keras. Permen ceker pun siap untuk dinikmati.

Nur Jannah, penikmat permen ceker, mengatakan selain rasanya yang unik, permen ceker ayam ini juga mengandung banyak gizi serta kalsium. Ide pembuat permen tersebut karena banyak ceker ayam di pasaran sangat melimpah sehingga para siswa memanfaatkannya.

Salah satu pembuat permen ceker, Eni Marianah, mengatakan hasil karya permen ceker ayam ini juga berhasil meraih juara satu Business Plan Competiton di Universitas Muhammadiyah Gresik tingkat SMA/SMK/MA se-Jatim. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.