IHGMA
Peserta Komngres I IHGMA foto bersama. Kongres membhaas berbagai hal stratgeis termasuk didalamnya pengembangan pendidikan vokasi dengan pelibatan dosen-dosen dari IHGMA. (BP/kmb)

MAKASAR, BALIPOST.com – Kongres Nasional I IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) yang diadakan di Hotel Gammara, Makassar berjalan lancar. Kongres ini di isi dengan berbagai agenda dengan egenda utama diantaranya penjabaran pendidikan vokasi. Program pembelajaran ini akan melibatkan anggota IHGMA sebagai dosen. Kongres juga memilih pengurus baru.

Seluruh peserta Kongres pada kesempatan ini memberikan apresiasi dengan kehadiran Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan dari Kementian Paiwisata RI, Prof. Dr. H.M. Ahman Syaibu. Kongres juga dihadiri Wali Kota Makasar, Kadis Pariwisata Kota Makassar. Gala Dinner pada acara itu dihadiri oleh 350 orang peserta dari 24 Chapter IHGMA seluruh Indonesia. Untuk memeriahkan acara Kongres ini juga diadakan Pameran Kerajinan Khas Kota Makassar.

Kehadiran Deputi Menteri Pariwisata Bidang pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Bapak Prof. Dr. .H.M. Ahmad Syaibu juga untuk menginformasikan rencana program vokasi pemerintah untuk mencipatakan dosen-dosen vokasi yang professional berlatar belakang general manager sebagai praktisi secaralangsung.

Pada kesempatan ini dibentuk konsorsium untuk program ini dengan dukungan penuh dari IHGMA. Reza Sunardi ditunjuk sebagai wakil IHGMA untuk meralisasikan program ini bersama dengan Pemerintah.

Kongres IHGMA ini diawali I dengan sidang pleno untuk acara pembukaan dengan menampilkan tarian selamat datang khas kota Makassar. Prof. Dr. H.M. Ahmad Syaibu pada kesempatan itu mamaparkan program Vokasi ini membutuhkan 1.300 orang dosen vokasi di seluruh Indonesia. Jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata berjumlah 891 buah dan Perguruan Tinggi dan Sekolah Tingga Pariwisata berjumlah 137 buah di seluruh Indonesia.

Baca juga:  "Suksma Bali" 2019 Angkat Memuliakan Air

Sementara itu, pada sesi seminar pada hari kedua diisi oleh Assisten Deputi SDM Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya,SE, MM. Materi berkaitan dengan program penyetaraan dosen vokasi yang akan segera di gulirkan dengan kerjasama yang lebih erat dengan IHGMA dan stake holder lainnya.

Acara Kongres dilanjutkan dengan sidang komisi untuk penggodokan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IHGMA, Program Kerja, serta pemilhan KetuaUmum IHGMA untuk Masa Bhakti 2017-2020. Proses pemilihan berlangsung demokratis dan transparan.

Dalam proses pergantian kepengurusan IHGMA, meskipun melalui proses yang sangat alot dengan beberapa tahapan musyawarah dan diawali dengan rapat khusus penasehat, dewan kehormatan dan pendiri, mempertemukankandidat agar mencapai kata mufakat,

Setelah melalui proses tersebut pada akhirnya terpilih Ketua Umum terpilih Wishnu H. Al Bataafi dari DPD Banten, Ramia Adnyana, SE, MM, CHA sebagaiWakil Ketua Umum 1 dari DPD Bali dan Arya Pering Arimbawa Sebagai Wakil Ketua Umum 2 dari DPD Makassar. (kmb/balipost)

 

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.