Oatmeal salah satu makanan yang membantu meningkatkan konsentrasi otak. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Konsentrasi otak yang tinggi tentu akan berguna bagi para pekerja yang harus mengingat segala macam tugas yang diberikan. Konsentrasi pun diperlukan bagi para siswa yang ingin meraih prestasi gemilang di bidang pendidikan.

Untuk itu, asupan gizi yang kita makan sehari-hari pun perlu dijaga dengan baik, sehingga konsentrasi otak bisa tetap prima. Dikutip dari klikdokter.com, berikut 10 makanan yang bisa meningkatkan konsentrasi otak:

1. Oatmeal

Sarapan oatmeal yang rendah kalori dan membuat kenyang lebih lama dapat meningkatkan konsentrasi otak Anda. Kombinasikan dengan buah atau kayu manis untuk penambah rasa dan kesegaran.

2. Cokelat hitam

Daripada kopi, lebih baik minum atau makan cokelat hitam. Cokelat jenis ini meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, sehingga konsentrasi menjadi lebih baik.

Studi membuktikan bahwa orang yang minum dua gelas cokelat hitam dalam sehari selama satu bulan lebih baik dalam tes memori.

3. Air putih

Kekurangan cairan akan membuat tubuh dan otak lelah. Terkadang, Anda hanya butuh satu gelas air putih untuk menjadi lebih segar.

Hindari minum kopi atau minuman berenergi yang tinggi kafein karena justru membuat Anda rentan dehidrasi.

4. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan, sehingga mencegah otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini juga dapat meningkatkan memori otak dan mengurangi risiko penyakit pikun atau demensia.

Orang yang minum dua gelas jus blueberry setiap hari dalam dua bulan memiliki peningkatan yang signifikan dalam tes memori.

Baca juga:  Cokelat Ternyata Lindungi Otak dari Gangguan Kognitif

5. Ikan salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang membangun kembali sel otak, memperlambat penurunan kognitif dan memperkuat hubungan sel-sel memori di otak. Protein pada ikan salmon juga membantu otak Anda lebih fokus dan tajam.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein, yang tidak akan membuat Anda gugup atau was-was seperti kopi. Teh ini juga mengandung asam amino theanine, yang meningkatkan konsentrasi dan fokus.

7. Bit

Nitrat yang terkandung dalam buah dan akar bit mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke otak. Alhasil, konsentasi otak dan memori menjadi lebih baik.

8. Pisang

Pisang mengandung potasium dan mineral penting untuk otak, saraf dan jantung. Penelitian menyatakan bahwa pelajar yang makan pisang sebelum ujian dapat menjalani tes lebih baik daripada yang tidak.

9. Bayam

Bayam kaya akan lutein, folat dan beta karoten. Kandungan ini dapat pencegah penyakit pikun atau demensia. Para ahli saraf menganjurkan untuk makan bayam minimal tiga kali seminggu.

10. Telur

Bagian kuning telur kaya akan asam lemak omega-3 dan DHA, yang penting untuk kesehatan memori otak. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk kesehatan selaput sel otak. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.