Pementasan seni Aceh di ajang PKB dan Buleleng Expo, Rabu (17/5) malam. (BP/sos)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Pesta Kesenian Bali XXXIX di Kabupaten Buleleng telah dibuka, Rabu (17/5) pukul 20.00 Wita. Acara tahunan yang dikombinasikan dengan Buleleng Expo ini tak hanya dimeriahkan seniman lokal, namun juga dari Kabupaten Jembrana, Aceh, Nabire hingga India. Itu mampu menarik ribuan penonton dari berbagai kalangan.

Ketua Panitia yang sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, I Putu Tastra Wijaya menjelaskan acara ini tak hanya sekadar pesta yang rutin terselenggara setiap tahun. Namun juga sebagai media pelestarian budaya, khususnya yang asli Buleleng. “Buleleng memiliki berbagai seni budaya. Acara ini sebagai salah satu cara untuk melestarikan,” ucapnya.

Selain melalui acara ini, pelestarian juga dilakukan dengan mengintensifkan pembinaan ke sanggar. “Pendampingan terus kami lakukan,” imbuhnya.

Baca juga:  Bahasa Daerah Vs Kapitalisasi Bahasa

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyampaikan acara ini juga sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi Pesta Kesenian Bali tingkat provinsi yang tiba beberapa bulan lagi. Sementara itu, Buleleng Expo untuk mempromosikan potensi daerah, salah satunya sektor pariwisata yang kini sudah berkembang. “Acara ini juga akan dikunjungi wisatawan kapal pesiar,” katanya.

Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar ini menyampaikan adanya partisipasi daerah lain di acara ini sebagai media untuk mewujudkan kerukunan ditengah keberagaman. (sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.