Pekerjaan
Ilustrasi. (BP/dok)
GIANYAR, BALIPOST.com – Guna mengurangi pengangguran di Kabupaten Gianyar, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar menggelar sejumlah pelatihan kepada pencari kerja. Pelatihan dilakukan bukan saja untuk pencari kerja pemula atau baru tamat SMA/SMK atau tamat kuliah, namun juga pelatihan diberikan kepada tenaga kerja lansia yang masih produktif.

Menurut Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, AA. Dalem Jagadhita, pencari kerja selama ini yang paling banyak yakni pencari kerja pemula seperti baru tamat SMA/SMK, tamat kuliah. Untuk pencari kerja tingkat SMA/SMK, Dinas Tenaga Kerja Gianyar sudah melakukan sosialisasi “job fair” ke masing-masing sekolah. Sehingga para siswa yang menjelang tamat mengetahui informasi tentang lowongan tenaga kerja.

Baca juga:  SMS "Blast" Melanggar Etika

Para pancari kerja pemula diberikan pembinaan. Selain itu, Pemkab Gianyar melalui Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) bekerja sama dengan Perusahaan-perusahaan yang memberangkatkan tenaga kerja keluar negeri. “Kami juga membuka informasi kepada pencari kerja melalui LTSP yang bekerjasama dengan sejumlah perusahaan yang memberangkatkan tenaga kerja keluar negeri,” jelasnya.

Pemkab Gianyar juga memberikan pelatihan-pelatihan dan pembinaan terhadap ibu-ibu PKK seperti pelatihan salon bagi ibu-ibu PKK. Demikian juga Dinas Tenaga Kerja melakukan pembinaan lansia yang masih produktif. Ibu-ibu lansia diberikan pelatihan membuat banten, membuat jajan. Sehingga para lansia mampu menghasilkan dan menopang perekonomian keluarga. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.