Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak meresmikan mess Babinsa Koramil 1611-04/Mengwi di Jalan Terminal Mengwi, Badung. (BP/rah)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Babinsa merupakan ujung tombak kesuksesan TNI Angkatan Darat. Oleh karena itu Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak berharap tiga pilar aparat desa yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lurah atau kepala desa harus kompak dan solid.

“Saat ini kami sedang mensosialisasikan tiga pilar ini. Tujuannya supaya mereka satu kata dalam menjaga wilayahnya dan memperkuat NKRI. Ingat NKRI harga mati,” tegas Pangdam saat meresmikan mess Babinsa Koramil 1611-04/Mengwi di Jalan Terminal Mengwi, Badung, Selasa (16/5).

Menurut Pangdam, Babinsa perannya sangat penting dalam rangka menyiapkan wilayah supaya tetap aman dan kodusif serta memiliki rasa juang tinggi. Tidak bisa dipungkiri desa sebagai tempat strategis pembangun bangsa. “Babinsa memiliki tugas sangat berat, melatih rakyat, memberitkan penyuluhan soal pertahanan dan keamanan, terutama masalah pertanian,” ungkapnya.

Baca juga:  Asita Keluhkan Harga Tiket Pesawat, Diprediksi Wisdom Turun 30 Persen

Terkait peresmian mess tersebut, mantan Dandim 1611/Badung ini sangat berterima kasih kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dan panglingsir Puri Mengwi Anak Agung Gede Agung yang hadir dalam acara tersebut, serta donatur lainnya.

“Salah satu upaya Kodam meringankan beban Babinsa yaitu bekerja sama dengan pemda dan kabupaten di Bali, khususnya Kabupaten Badung. Sehingga terjalin hubungan harmonis dan jika ada masalah di desa agar dicarikan solusi terbaik. Saat ini baru 5 Babinsa dapat mess. Rumah ini untuk meningkatkan silahturahmi bukan jadi warga istimewa. Masyarakat TNI tidak lebih tinggi kastanya dengan masyarakat biasa. Harus tumbuhkan sikap tegur, sapa, sopan dan menghormati adat istiadat,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.