Wayan Panca. (BP/san)
TABANAN, BALIPOST.com – Kehidupan masyarakat Bali selain mencari nafkah juga disibukkan dengan kewajibannya dalam kegiatan keagamaan dan adat istiadat. Hal ini menyebabkan kurangnya informasi mengenai kesehatan terbaru.

Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi ini, Puskesmas II Tabanan melalui Kepala Puskesmasnya, dr. I Wayan Panca melakukan terobosan dengan menyampaikan penyuluhan kesehatan lewat mobil keliling. Menurut Wayan Panca, konsep penyuluhan dengan menggunakan mobil keliling ini hampir sama dengan pedagang peralatan rumah tangga yang menggunakan mobil.

Dalam melalukan promo pedagang berkeliling dengan memutar rekaman promo barang dagangannya. “Teknik ini selain bisa mencapai warga hingga pedesaan, juga memiliki daya tarik untuk didengar,” ujarnya.

Program yang dimulai sejak awal 2017 ini diharapkan bisa menyampaikan informasi kesehatan terkini yang disesuaikan dengan isu saat ini. Intinya lanjut Wayan Panca dengan adanya informasi kesehatan yang langsung menyentuh masyarakat di rumah-rumah diharapkan mengubah mainset dan kebiasaan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga:  Di Awal Menjabat, Ini Terobosan Dandim Badung

Menurutnya semenjak program ini diterapkan banyak respon positif dari masyarakat yang merasa mendapatkan informasi kesehatan yang selama ini tidak mereka tahu. Jadwal penyuluhan melalui mobil secara keliling ini menurut Wayan Panca yang masuk dalam nominasi dokter teladan mewakili Kabupaten Tabanan ini, mendompleng kegiatan puskesmas seperti kegiatan pustu, pemeriksaan kesehatan gratis atau saat ada jadwal posyandu.

Selain itu juga dilakukan pada acara insidental dalam acara-acara undangan yang digelar pihak ke tiga. Namun dipastikan Wayan Panca penyuluhan ini terus dilakukan dan menyasar enam desa yang menjadi tanggung jawab Puskesmas II Tabanan. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.