DENPASAR, BALIPOST.com – Aksi solidaritas “Lilin untuk Ahok” dinyalakan di Lapangan Niti Mandala Renon pada Kamis (11/5) malam tepat saat perayaan Waisak. Ribuan warga di Denpasar berkumpul sebagai bentuk dukungan moral kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Mereka juga membawa spanduk bertuliskan desakan agar Ahok dibebaskan dari penjara. Tak hanya warga Bali yang hadir, sejumlah warga negara asing juga menghadiri aksi yang juga dilakukan di beberapa daerah ini.

Aksi simpatik ini dilakukan setelah Ahok divonis dua tahun penjara atas penodaan agama oleh majelis hakim PN Jakarta Utara. Ribuan warga dari berbagai latar belakang tersebut memadati Lapangan Niti Mandala Renon, dengan mengenakan pakaian serba hitam dan masing-masing membawa lilin.

Baca juga:  Divonis Dua Tahun, Ahok Nyatakan Banding
Tak hanya menyalakan lilin untuk Ahok, mereka yang berasal dari berbagai suku dan agama yang berbeda ini juga melakukan doa bersama untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Berdasarkan pantauan, mereka juga menyayikan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Bangun Pemuda Pemudi, Maju Tak Gentar, hingga Satu Nusa Satu Bangsa serta membaca naskah Pancasila yang diikuti seluruh peserta.

Dosen Universitas Udayana Wimpie Pangkahila melakukan pembacaan puisi saat aksi tersebut berlangsung. Aksi ini juga menjadi viral di media sosial karena banyak warga yang mengunggah partisipasi mereka untuk mendukung Ahok ini.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polresta Denpasar dibantu sejumlah polsek di sekitar kawasan dan Polda Bali mengamankan penyalaan lilin untuk Ahok tersebut. (Suryawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.