waisak
Umat budha melakukan persembahyangan bersama anaknya di Wihara Amurwa Bhumi di Blahbatuh Gianyar, Kamis (11/5). (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Puluhan umat Budha merayakan hari suci waisak di Wihara Amurwa Bhumi di Blahbatuh Gianyar, Kamis (11/5). Perayaan di Wihara ini dilalui dengan beberapa tahapan. Selain itu melalui momen ini warga diajak menjaga kerukunan dan cinta kasih.

Kamis siang, umat tampak bersembahyang di wihara. Mulai dari sembahyang di konco, kemudian di pelataran Budha. Kemudian berlanjut sembahyang ke Budha yang berada di bawah pohon Bodi.

Pendeta Wihara, Made Suardana menjelaskan, prosesi pertama adalah upacara pradaksina, yakni mengelilingi halaman wihara sebanyak tiga kali dengan diikuti oleh ratusan umat Budha.

Dikatakan prosesi ini bertujuan untuk memohon keselamatan serta kesehatan kepada Sang Budha. Kemudian dilanjutkan prosesi upacara Darmasila atau persiapan doa dan meditasi. Setelah siap, semua umat yang datang kemudian berdoa bersama merayakan detik-detik hari Tri Suci Waisak.

Baca juga:  Bertema Dunia, Dua Artis Hebohkan Festival Candi Muaro Jambi

Suardana menjabatkan perayaan ini juga momen mengingat Budha yang menjalani tiga tahapan penting. Yakni tahap Budha menuju taman Lumbini untuk menerima pencerahan. Kemudian bertapa di bawah pohon Bodi, hingga mencapai kebudaaan. Tahapan terakhir, Budha menuju nirwana tepat pada bulan Purnama. “Tiga peristiwa itu kita peringati di sini,” jelasnya.

Romo Suardana juga berpesan kepada seluruh umat supaya tetap berbakti dan tetap menjaga kerukunan antara sesama umat dan umat lainnya. “Mari jaga kerukunan dan cinta kasih terhadap sesame,” pesannya.(manik astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.