NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah perbaikan dan pembangunan di Gilimanuk mendapat perhatian dari Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan. Wabup Kembang secara khusus pada Selasa (9/5) melakukan sidak untuk memantau pembangunan penataan di wilayah perbatasan tersebut.

Sejumlah proyek diantaranya penataan taman di Patung Siwa Maha Dewa serta pelebaran jalan nasional menjadi salah satu peninjauan. Selain itu juga pengerjaan pasar induk Gilimanuk, lapangan Gilimanuk, terminal kargo serta renovasi terminal lama.

Wabup Kembang didampingi sejumlah pimpinan OPD  (organisasi perangkat daerah) terkait memberikan  sejumlah saran dan masukan. Salah satunya, Wabup Kembang meminta agar dalam penggarapan ini nantinya bisa mengedapankan arsitektur atau nuansa Bali. ”Selama ini orang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk belum terasa ada di Bali. Ke depan kesan itu akan kita hilangkan, apalagi  Gilimanuk ini masuk kawasan strategis Nasional,” terangnya.

Karena masuk dalam kawasan strategis nasional, ada peran pemerintah pusat, Propinsi dan Kabupaten dalam pembangunannya. “kita tunjukkan agar atmosfer Bali bisa dirasakan saat menyebrang di pelabuhan Gilimanuk,” terang Wabup Kembang.

Baca juga:  Jelang Nyepi, Kendaraan Keluar Bali Naik 100 Persen

Seperti penataan di Patung Siwa Maha Dewa, agar di areal tersebut selain mampu memberikan rasa indah dengan tamannya yang tertata apik, juga memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat khususnya di Kelurahan Gilimanuk. Dengan demikian orang yang masuk Bali akan merasakan atmosfer sudah menginjakkan kaki di Bali dan menarik untuk dikunjungi.

Wabup juga berharap kedepan dengan adanya kunjungan bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Seperti dengan menyediakan tempat-tempat bagi para pedagang secara teratur dan  terkoordinir.

Terkait rencana renovasi terminal lama yang berlokasi tepat di depan pasar Gilimanuk, Wabup Kembang Hartawan mengaku akan segera dilakukan perombakan. Apalagi lokasinya sangat strategis bagi para pedagang kuliner yang sudah lama berjualan disana. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.