penerbangan
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Agus Santoso membantu salah satu siswa. (BP/son)
TANGERANG, BALIPOST.com – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Agus Santoso mengajak anak-anak untuk mencintai penerbangan. “Ayo cintai dunia penerbangan. Banyak profesi yang dapat dipilih, mulai dari Pilot, Pramugari, Enginering, dll,” kata Agus di Tangerang, Selasa (9/5).

Saat menobatkan Duta Aviasi Anak Indonesia yang merupakan anak-anak sekolah dasar yang terpilih, Agus menjelaskan, program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang dunia penerbangan dan dapat meningkatkan minat anak terhadap dunia penerbangan.

Agus menguraikan bagaimana sebuah pesawat bisa terbang termasuk juga bagaimana pilot bisa mengendalikan pesawat hingga sampai tujuan. Semua itu memerlukan pemahaman secara teknis, dan tidak bisa melakukan kesalahan sekecil apapun untuk menjamin keselamatan penerbangan.

Begitu pula kenapa penumpang harus melalui pintu pemeriksaan yang sangat ketat agar barang-barang yang membahayakan penerbangan tidak bisa dibawa masuk ke kabin pesawat. Selama dalam pesawat, penumpang juga diminta untuk menggunakan sabuk pengamanan agar ketika pesawat tergoncang, penumpang tidak ikut terguncang.

Baca juga:  Di Bandara Ngurah Rai, Banyak Maskapai Masih Batalkan Penerbangan 

Dirjen juga menjelaskan banyak profesi yang terkait dengan dunia penerbangan, seperti air navigasi profesi orang-orang yang mengatur lalu lintas pesawat udara baik saat pesawat akan take off maupun saat akan landing.

Duta Aviasi Anak Indonesia (DAAI) diajak mengunjungi Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, untuk dapat  menyaksikan dan merasakan langsung kegiatan di area bandara. “Nanti kami-kami akan tua dan pensiun, maka kalianlah yang akan menjadi generasi penerus,” tutur Agus.

Sebelum berkunjung ke Terminal 3 Bandara Soekarno kelolaan PT Angkasa Pura (AP) II, secara simbolis Agus menyerahkan pin dan penghargaan kepada DAAI. (Nikson/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.